Begini Strategi KPUD DKI Jakarta Cegah Golput

TPS Kampung Pilkada
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Jumlah pemilih dalam Pilkada DKI Jakarta yang akan berlangsung pada 15 Februari 2017 mencapai 7,1 juta jiwa. Dari jumlah tersebut Komisi Pemilihan Umum Daerah menargetkan pemilih yang memberikan suaranya sebanyak 77,5 persen.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

"Kami sedang berupaya karena tingkat partisipasi di pemilu-pemilu sebelumnya itu di bawah 70 persen. Kami sedang berikhtiar paling tidak di angka target nasional di 77,5 persen," kata Komisioner KPUD DKI Jakarta, Moch. Sidik, di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat 9 Desember 2016..

Demi mencapai target yang telah ditetapkan, Sidik memaparkan, beberapa upaya yang akan dilakukan untuk mengurangi golong putih (Golput). 

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

"Partisipasi masyarakat penting. Sosialisasi, pencerahan terus-menerus di berbagai media kita lakukan supaya ada kesadaran. Apalagi di Jakarta ketiga calonnya berkualitas baik. Ke masyarakat tentu saja harus tersampaikan informasinya," ujarnya.

Peran media dianggap sangat penting untuk mencegah golput masyarakat memberikan suaranya dalam Pilkada mendatang. Dengan demikian, KPUD akan memberikan bimbingan hingga ke tingkat RT.

PAN Jakarta Tak Masalah Kaesang Maju Pilgub DKI: Semua Punya Hak

"Dibantu media, termasuk kami melakukan berbagai upaya ke pelosok-pelosok kelurahan kami datangi. RT, RW kita kasih pencerahan supaya tidak hanya namanya masuk dalam daftar pemilih yang sudah kita tetapkan, tapi setelah itu mereka untuk mengeksekusinya siapa pun yang akan mereka pilih, ya kita apresiasi," tuturnya.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Serentak 2024. Sejumlah partai.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024