Soal Cara Menggusur Pemukiman Liar, Ini Kata Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama kembali meluruskan sejumlah opini yang kurang baik, terkait dengan cara penggusuran permukiman liar yang kerap dilakukan Pemerintah Provinsi DKI.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Ahok, sapaan akrab Basuki, menjawab pertanyaan warganet (netizen) yang meminta pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI mencari alternatif tindakan untuk menata lingkungan dalam rangka normalisasi sungai.

Menurut Ahok, penertiban dengan cara menggusur harus dilakukan. Cara itu harus ditempuh, sebelum bencana yang mungkin terjadi akibat keberadaan bangunan di bantaran sungai, menimbulkan kerugian yang lebih besar, termasuk kerugian korban jiwa.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

"Saya juga bingung, caranya menertibkan orang yang tinggal di sungai. Kalau (rumah) tidak dirobohkan, bagaimana? Apa nunggu angin ribut, tunggu banjir bah? Kemudian, setelah orang-orang mati, baru kita pindahkan?," ujar Ahok, di diskusi antarpaslon cagub dan cawagub di Djakarta Theatre, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 15 Desember 2016.

Lagipula, Ahok mengatakan, penggusuran yang ia lakukan, tidak dimaksudkan untuk membuat warga sengsara. Sebab, setelah digusur, warga direlokasi ke rumah susun (rusun).

PDIP Rayakan Imlek, Hasto Kenang saat Usung Ahok Jadi Cagub DKI

Menurut Ahok, warga menjadi lebih sejahtera tinggal di sana. Selain huniannya menjadi layak, warga juga mendapat beragam fasilitas seperti layanan kesehatan hingga sarana transportasi gratis berupa bus TransJakarta.

"Jadi bukan menggusur, tetapi memindahkan ke tempat yang lebih baik," ujar Ahok.

Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Ahok berharap, subsidi BBM yang diberikan Pemerintah dievaluasi dari yang tadinya ke produk, jadi langsung ke penerima.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2022