Perda Sah, Ribuan PNS DKI Bakal Kehilangan Jabatan

Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI telah mengesahkan Peraturan Daerah tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat daerah. Dalam Perda, ada 1.060 jabatan di DKI yang bakal dirampingkan dan mulai berlaku pada awal Januari 2017.

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Menurut pelaksana tugas Gubernur DKI Sumarsono, dari Perda yang telah disahkan, maka ada beberapa perubahan dalam susunan organisasi perangkat daerah di DKI.

"Dalam Perda, akan menghilangkan 11 perangkat daerah yang awalnya 53 perangkat daerah menjadi 42 perangkat daerah," kata Sumarsono di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat 16 Desember 2016.

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

Sumarsono mengatakan, sebelumnya DKI memiliki 5.998 jabatan. Namun, setelah Perda baru disahkan oleh DPRD DKI, tersisa 4.938 saja.

Sehingga, dari yang awalnya ada 52 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Kini, hanya ada 42 SKPD saja. 

Pemprov Jakarta Berangkatkan 12.170 Peserta dengan 279 Bus Mudik Gratis ke 19 Daerah

Adapun dari dihapusnya 1.060 jabatan, ia menyebutkan, Pemerintah Provinsi DKI bisa menghemat anggaran hingga Rp15 miliar setiap tahun. "Efisiensinya, setelah dihitung-hitung, perkiraan sebesar Rp15 miliar per tahun. Itu efisiensi yang kita peroleh dari perampingan Perda yang baru," kata Sumarsono.

Sumarsono menuturkan, dalam penataan reorganisasi pasti ada risikonya. Namun, hal itu tak menjadi masalah besar, di mana bagi 1.060 SKPD itu akan didistribusikan.

"Kemungkinan risiko ada yang enggak menjabat, ya wajar saja. Namanya penataan reorganisasi itu pasti ada risikonya. Jadi, ini nanti akan kita distribusikan, ada yang pensiun, sebagian akan difungsionalkan. Pokoknya, kami sedang tata ulang," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya