Uskup Agung di Katedral: Jaga Persaudaraan Antarumat

Ilustrasi misa di gereja Katedral.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Uskup Agung, Mgr. Ignatius Suharyo dalam pesan Natalnya saat misa di Gereja Katedral, Jakarta menyatakan pentingnya menjaga persaudaraan antarumat dan jangan sampai terpecah 

Kunjungi Gereja Katedral, Kapolri Beri Pesan Jaga Persatuan di Tengah Perbedaan Pilihan Politik

Menurut Ign. Suharyo, pesan Natal bersama ini ada tiga hal yang dapat disampaikan. Pertama, Natal bukan peristiwa masa lampau, tetapi realitas dan pengalaman umat Kristiani dan aktualitas kelahiran Yesus.

"Kedua adalah konteks dulu Yesus lahir dan menurut sejarah Yesus lahir di Palestina dan dalam jajahan Romawi. Yesus ada di hiruk pikuk kehidupan dunia, begitu pun kita yang sekarang," kata Suharyo di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu 25 Desember 2016.

Mahfud Sebut Pemerintah Senang Bisa Dorong Umat Beragama Gelar Ibadah dengan Baik dan Aman

Ia menyatakan, masalah di dunia itu sampai sekarang belum selesai pengaruhnya, seperti masalah sosial, politik, dan agama. "Tentu perayaan Natal ini memuat amanat, terhadap masalah-masalah aktual dan bagian kedua dari pesan ini sekarang dilihat dari negeri kita," tuturnya.

Pesan Natal yang ketiga adalah soal narkoba serta persaudaraan yang saat ini merajalela dan bisa membuat perpecahan. Untuk itu, tema Natal ini adalah bersatu sebagai bangsa.

Kapolri Sebut Ada 55.095 Kegiatan Ibadah Digelar pada Natal 2023

"Dan tentu kita membutuhkan analisis yang lebih jelas. Gereja Katolik Keuskupuan Agung ingin mewartakan sila pertama Pancasila. Katolik kerahiman yang memerdekakan, yaitu Allah. Dan untuk terus berpikir dan mencari jalan sila kedua makin adil dan beradab," tuturnya.

Ilustrasi diskotek atau kelab malam.

Katedral Dijadikan Tempat Disko Bikin Umat Kristen Murka

Kabar tentang diadakannya disko senyap di Katedral Canterbury mengundang perhatian dan keberatan dari umat Kristiani. Acara ini mendapat kritik dari umat Kristen.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2024