Malam Tahun Baru, Monas Tak Gelar Pesta Kembang Api

Meriahnya Ibu Kota Jakarta, dengan kembang api yang dilepaskan warga memeriahkan malam pergantian tahun 2016 di Monas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Perayaan malam tahun baru, Sabtu, 31 Desember 2016, di area Monumen Nasional (Monas) akan digelar hingga pukul 01.00 WIB, Minggu, 1 Januari 2017. Pada tanggal 1 Januari 2017, kawasan Monas akan tetap dibuka seperti biasa untuk umum.

Detik-detik Petasan Meledak Ciderai Jari Tangan Wabup Kaur

Meski demikian, kawasan tugu Monas hanya dibuka sampai pukul 15.00 WIB. Artinya, pengunjung hanya bisa berada di sekitar wilayah Monas, tidak di kawasan Tugu Monas.

Selain itu, di kawasan Monas akan didirikan satu panggung yang terletak di sisi timur Monas, dengan beberapa band akan membawakan lagu-lagu Band Koes Plus. Namun, band-band yang mengisi acara bukan berasal dari band-band kondang di Indonesia.

Solo Gelar Car Free Night Malam Tahun Baru, Ada Panggung Hiburan dan Pesta Kembang Api

Hal itu, lantaran pusat perayaan malam tahun baru terpusat di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Hanya akan ada satu panggung yang didirikan di Monas, yang akan dimulai pukul 20.00 WIB.

"Panggung rakyat, yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi (Jakarta). Gratis. Pusat (acara malam tahun baru) di sana, Plt Gubernur DKI Jakarta di Ancol. Monas hanya penyangga," ujar Kepala Kantor Pengelola Kawasan (KPK) Monas, Sabdo Kurnianto kepada VIVA.co.id, Jumat, 30 Desember 2016.

Tak Sesuai Syariat, Aceh Larang Warganya Rayakan Malam Tahun Baru

Dia menjelaskan, pada saat itu akan ada ratusan personel gabungan yang menjaga kawasan Monas. Pihaknya meminta para pengunjung yang hadir tidak menginjak rumput di kawasan Monas.

Sabdo memprediksi, akan ada ribuan pengunjung yang hadir pada saat perayaan malam tahun baru. Untuk itu, pihaknya akan menyediakan beberapa mobil toilet dan ambulance.

Petugas juga akan terus mengantisipasi agar para Pedagang Kaki Lima (PKL) tidak hadir di kawasan Monas. Karena itu, Lenggang Jakarta dipastikan akan tetap buka untuk memudahkan pengunjung yang ingin mencari makan dan minum.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Monas pada malam tahun baru kali ini tidak akan digelar pesta kembang api. Pesta kembang api hanya akan dipusatkan di Ancol.

"Tidak ada kembang api, tidak boleh, karena ini ring 1, tidak boleh, dipusatkan di Ancol. Kita mengimbau untuk tidak menyalakan (kembang api) di Monas. Kita tetap melakukan pengetatan pemeriksaan, demi keamanan Monas, kebersihan Monas.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya