Ahok: Wajar Pengembang Reklamasi Sosialisasikan Amdal Lagi

Proyek Reklamasi di Teluk Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama menilai wajar jika perusahaan pengembang reklamasi di Teluk Jakarta mulai menyosialisasikan lagi proyek mereka.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

PT Muara Wisesa Samudera, pemilik izin reklamasi Pulau G, menyosialisasikan proyek mereka kepada warga di Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa, 31 Januari 2017 malam.  Kelompok usaha Agung Podomoro Land tersebut melakukan sosialisasi terkait tahapan perbaikan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) pulau itu.

Menurut Ahok, sapaan akrab Basuki, perusahaan itu melakukan sosialisasi untuk memenuhi persyaratan supaya pembangunan Pulau G dilanjutkan. Pemerintah pusat sendiri yang mempersyaratkan hal itu supaya proyek reklamasi bisa kembali dinyatakan tak akan merusak lingkungan.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

"Mereka ditugaskan dari kementerian membereskan dia punya Amdal," ujar Ahok di sela-sela kunjungan sebagai calon Gubernur DKI, di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu, 1 Februari 2017.

Ahok menegaskan, Pemerintah Provinsi DKI saat ini sedang tidak memiliki banyak wewenang untuk menentukan kelanjutan proyek. Saat ini, pemerintah pusat menjadi pihak yang dapat memutuskan kelanjutan proyek, dengan dasar hukum utamanya Keputusan Presiden RI Nomor 52 Tahun 1995.

PDIP Rayakan Imlek, Hasto Kenang saat Usung Ahok Jadi Cagub DKI

Pemerintah, kata Ahok, menanti pengembang memenuhi persyaratan untuk memastikan proyek tidak merusak lingkungan. Sosialisasi Pulau G kemarin itu merupakan salah satu langkah pengembang untuk memenuhi syarat. "Jadi memang enggak ada moratorium kok. Kemarin cuma ditahan sebentar sampai masalah lingkungan beres," ujar Ahok.

Seperti diketahui, proyek reklamasi Teluk Jakarta sempat  dimoratorium pada April 2016. Namun kemudian keputusan itu dicabut kembali pada September 2016.

Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Ahok berharap, subsidi BBM yang diberikan Pemerintah dievaluasi dari yang tadinya ke produk, jadi langsung ke penerima.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2022