Ahok Belum Rencanakan Minta Maaf Langsung ke Ma'ruf Amin

Gubernur DKI Jakarta petahana, Basuki Tjahaja Purnama.
Sumber :
  • Fajar GM/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama belum merencanakan menemui langsung Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Kiai Haji Ma'ruf Amin untuk menyampaikan permintaan maaf.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Menurut Ahok, sapaan akrab Basuki, hingga saat ini, permintaan maafnya karena dianggap memojokkan ulama itu saat menjadi saksi di persidangan dirinya di Kementerian Pertanian pada Selasa kemarin, 31 Januari 2017 baru ia sampaikan melalui media dan pernyataan resmi lewat sebuah rekaman video.

"Kalau ketemu, saya enggak tahu itu waktunya kapan," ujar Ahok, ditemui usai bertandang ke kediaman Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat Oesman Sapta Odang di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Februari 2017.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Ahok, kembali menegaskan baik dirinya maupun tim kuasa hukum tidak bermaksud menekan, memojokkan, atau menyinggung Ma'ruf, Ketua MUI yang juga ulama yang disegani, dalam persidangan kemarin. Dalam persidangan kemarin, tim kuasa hukum bertindak sebagai pembela Ahok sementara Ma'ruf adalah saksi yang didatangkan jaksa penuntut umum.

Tim kuasa hukum sekadar menjalankan perannya untuk menggali keterangan sedalam-dalamnya dari Ma'ruf dengan tujuan meringankan dakwaan untuk Ahok.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

"Sekali lagi saya sampaikan mohon maaf kalau cara kami bertanya seolah-olah menekan. Enggak ada maksud itu," ujar Ahok.

Ahok melanjutkan, secara pribadi, ia menghormati Ma'ruf dan ulama mana pun, apalagi, ulama Nahdlatul Ulama sebagai organisasi Islam besar di Indonesia. Ahok mengatakan ia tidak mungkin tidak menghormati mereka.

"Saya sampaikan secara terbuka permohonan maaf saya kalau sampai (Ma'ruf Amin) sebagai orang tua tersinggung. Niatnya enggak ada sama sekali," ujar Ahok. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya