Pilkada DKI 2017

Ahok dan Anies Bakal Tempur Ambil Suara Agus di Debat

Keakraban paslon usai debat berakhir.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Debat publik Pilkada DKI putaran kedua dinilai sebagai waktu yang penting bagi pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies-Sandiaga untuk merebut suara pendukung calon yang sudah tumbang di putaran pertama, yakni pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Hal itu disampaikan peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes, Jumat, 17 Februari 2017.

"Ada debat di putaran kedua, faktor penting untuk mempengaruhi suara pemilih pasangan nomor urut 1 (AHY-Sylvi) migrasi," kata Arya.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Menurut Arya, tiga sesi debat publik Pilkada di putaran pertama menunjukkan bahwa debat itu cukup memberikan hasil positif bagi pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi. 

Maka dari itu, Arya mengatakan, pada debat publik putaran kedua nanti kedua pasangan yang tersisa tentu akan bertempur habis-habisan menarik perhatian pemilih. 

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

"Akan tempur habis-habisan di situ, harus mempersiapkan tim debat profesional. Kita akan saksikan debat dengan sangat memukau, intensitas pemilih akan lebih besar. (Debat) panggung utama bagi kedua kandidat kembali menarik perhatian pemilih," ujar Arya. 

Memang dari hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan yang diusung Partai Demokrat, PPP dan PKB itu, mendapatkan hasil suara yang tak memuaskan dan jauh dari harapan.

Seperti diketahui, Agus-Sylvi sudah mengaku kalah dari ajang Pilkada DKI meski Komisi Pemilihan Umum Daerah DKI belum mengeluarkan hasil resmi. Sebagian besar lembaga survei menyebut Agus-Sylvi hanya mampu meraup suara kurang dari 20 persen.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya