200 Ribu Warga Miskin DKI akan Dapat Bantuan Non Tunai

Potret kemiskinan di Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Dinas Sosial DKI Jakarta akan segera meluncurkan program Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) bagi keluarga miskin di lima wilayah kota administrasi Jakarta. Program itu diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang memegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Heru Budi Laporkan Data Terbaru: Ada 3,9 Juta Warga Miskin di DKI Jakarta

Menurut Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Masrokhan, program ini menjadi salah satu ujung tombak pengentasan kemiskinan di DKI Jakarta. 

"Penerima KKS ini merupakan warga miskin DKI yang nantinya dapat mencairkan bantuan non tunai melalui e-Warong dan agen Bank," kata Masrokhan, Rabu 22 Februari 2017. 

BPS: Penduduk Miskin Jakarta Berkurang 3.630 Orang

Bantuan itu, katanya, senilai Rp.110.000/ bulan/ KPM. Nanti penerima BNPT bisa menukarkannya dengan beras 10 kilogram yang seharga Rp.8.500 perkilogram dan gula dua kilogram yang seharga Rp.12.500 perkilogram.

Berdasarkan data kemiskinan yang dimiliki Dinas Sosial, saat ini ada 214.249 Keluarga Penerima Program by name by address yang akan mendapatkan BNPT. Data itu telah diserahkan ke Kementerian Sosial agar mereka mendapatkan KKS.

Janji Beri Bansos ke Warga Non-DKI, Anies: Mereka Saudara Sebangsa

"KKS semacam ATM untuk mencairkan bantuan non tunai itu. Jadi bantuan akan sampai langsung ke penerima. Si penerima tinggal mencairkannya," ujar Masrokhan.

Dalam pembuatan KKS, pemerintah bekerja sama dengan Bank BNI. Pada tahap awal ini, BNPT akan diprioritaskan terhadap penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah mendapatkan KKS terlebih dahulu.

Sedangkan selain penerima PKH seperti penerima beras sejahtera akan menerima BNPT pada tahap selanjutnya apabila sudah mendapatkan KKS.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Susi Dwi Harini, telah mengumpulkan petugas untuk memastikan program BNPT ini berjalan sebagaimana mestinya.

"Kami telah kumpulkan Satuan Pelaksana Sosial Kecamatan DKI Jakarta, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, dan pendamping PKH untuk menyamakan persepsi dan kesuksesan program BNPT," ujar Rini.

Petugas itu, lanjut dia, akan mendampingi penerima program dan memastikan bantuan itu sampai kepada penerima.

"Besok, hari Kamis, akan kami luncurkan secara resmi program BNPT di lima wilayah kota. Jakarta Pusat di GOR Senen, Jakarta Utara di Stadion Tugu, Jakarta Barat di e-Warong Kelurahan Meruya Utara, Jakarta Selatan di GOR Gandaria Utara dan Jakarta Timur di GOR Otista," ujar Rini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya