Ahok Ingin Bogor, Bekasi, dan Ciawi Tahan Air Banjir

Ahok bicara soal penangangan banjir
Sumber :
  • Viva.co.id/Fajar GM

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ingin sejumlah daerah penyangga Jakarta mencegah limpahan air yang terlampau besar ke Jakarta. Daerah-daerah itu antara lain Ciawi, Kabupaten Bogor; Kota Bogor; dan Kota Bekasi.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Menurut Ahok, sapaan akrab Basuki, waduk bisa dibangun di daerah yang merupakan hulu sungai-sungai yang melintasi wilayah Jakarta. Waduk berfungsi sebagai penampung air sebelum mengaliri aliran-aliran sungai utama di Jakarta, seperti Ciliwung. Hal itu dinilai akan membuat limpahan air terkendali sehingga alirannya diharapkan tidak meluap saat melintasi Jakarta, daerah yang ketinggiannya dari permukaan laut jauh lebih rendah dibanding daerah-daerah penyangga.

"(Lahan) di Ciawi kita mau beli juga. Termasuk, kita bantu Bekasi, mau buat tampungan di atas bukit. Ada kerja sama juga dengan Bogor," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Kamis, 23 Februari 2017.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Ahok mengatakan, pemerintah pusat, melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung - Cisadane (BBWSCC), lembaga yang melakukan normalisasi Kali Ciliwung, telah melakukan inisiasi pembangunan. Pemerintah Provinsi DKI, siap dilibatkan, misalnya melakukan pengadaan alat berat dalam rangka turut mengelola waduk.

Hal itu sekaligus membuat penanganan musibah tahunan banjir di Jakarta tidak sepenuhnya mengandalkan proyek normalisasi Kali Ciliwung. Proyek yang sudah dilaksanakan empat tahun itu, hingga saat ini, baru tuntas 40 persen. Akibatnya, banjir masih rawan terjadi di sejumlah titik, seperti Bidaracina dan Cipinang Melayu yang tergenang dalam dua pekan ini.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Selain itu, Ahok menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi DKI menganggarkan dana hibah untuk daerah penyangga dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI. Hal yang telah dilakukan sejak 2014 itu membuat pemerintah daerah sekitar menerima tambahan anggaran yang peruntukannya adalah pembangunan infrastruktur yang berkaitan dengan Jakarta, seperti jalan penghubung, termasuk penataan wilayah hulu sungai yang dapat berpengaruh terhadap pengiriman limpahan air yang melewati Jakarta.
 
"Teman-teman (pemerintah daerah) di pinggir daerah Jakarta ini masukkan (usulkan) saja anggarannya. Kita bisa berikan bantuan," ujar Ahok.

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024