Tanggul Jebol Tak Diperbaiki, Otoritas Lempar Tanggung Jawab

Tanggul Kali Bekasi yang jebol dan tak kunjung diperbaiki di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat, 3 Maret 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani

VIVA.co.id – Masyarakat Kelurahan Cipendawa, di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, resah karena tanggul Kali Bekasi yang jebol tak kunjung diperbaiki. Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dan Pemerintah Kota Bekasi saling lempar tanggung jawab.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

"Karena domisili kejadian itu ada di wilayah Kota Bekasi, maka menjadi tanggung jawab pemerintah daerah," kata Iskandar, Kepala BBWSCC di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jumat 3 Maret 2017.

Sheet file Kali Bekasi ambruk akibat terjangan arus air pada Selasa, 27 Februari 2017. Arus lalu lintas kendaraan bermotor dari arah Rawalumbu menuju Jatiasih terpaksa dialihkan sampai sekarang.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Iskandar menjelaskan, pengelolaan aliran air Kali Bekasi menjadi kewenangan lembaganya. Namun perkara perawatan jika ada kerusakan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

Apalagi, tanggul Cipendawa itu telah dibangun pemerintah daerah pada tahun 2012. Maka masalah perawatan masih menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Bekasi. "Jadi, tidak serta merta tanggul itu kewenangan pemerintah pusat," katanya.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan bahwa kewenangan perbaikan tanggul Kali Bekasi pada BBWCC. Dia sudah berkoordinasi dengan BBWCC. "Karena perbaikan tanggul Kali Bekasi merupakan kewenangan BBWSCC," katanya.

Menurutnya, bisa saja pemerintah daerah membangun sementara tanggul itu. Namun dia mengkhawatirkan pembangunan hanya bertahan setahun, lalu rusak lagi sehingga harus diperbaiki lagi. (ren)

Ilustrasi balap liar.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Viral di media sosial, aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, atau tepatnya di depan Stadion Patriot Candrabhaga.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024