Anies Baswedan Dilaporkan ke KPK

Anies Baswedan
Sumber :
  • Danar Dono

VIVA.co.id – Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan korupsi dana pameran Frankfurt Fair 2015, di Jerman pada Kamis, 9 Maret 2017.  Pelapor kasus ini adalah Andar Mangatas Situmorang, dia melaporkan Anies Baswedan dalam kapasitas sebagai mantan Menteri Pendidikan RI. 

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Laporan dugaan tindak pidana korupsi oleh Anies Baswedan selaku mantan Menteri Pendidikan Republik Indonesia (masa jabatan 27 Oktober 2014 sd 27 juli 2016) pada biaya proyek dana Frankfurt Book Fair tahun 2015 (14-18 Oktober 2015) sebesar Rp146 miliar," kata Andar.

Selain dugaan kasus korupsi, Andar juga melaporkan Anies menyimpangkan jabatannya pada pameran kebudayaan dan buku laskar pelangi, menyusupkan kegiatan pameran buku berjudul AMBA dan PULANG yang membahas ihwal pembasmian PKI tahun 1965. Adapun laporan itu diterima langsung bagian pengaduan masyarakat KPK atas nama Arisandy Saputra.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah dikonfirmasi mengakui adanya laporan tersebut. Meski demikian, terang Febri, pihaknya akan menelaah terlebih dahulu.

"Memang benar ada pelaporan (itu) dan seperti semua laporan atau pengaduan yang yang masuk ke KPK, akan kami telaah. Akan dilihat apakah ada indikasi korupsi atau tidak," ujar Febri melalui selulernya, Jumat 10 Maret 2017.

Ahmad Dhani Tersangka Ujaran Kebencian?
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Saya berani mengatakan bahwa politik kita telah berubah."

img_title
VIVA.co.id
10 November 2018