Mengapa Djarot Ditolak di Haul Soeharto

Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat mendapat penolakan dari massa yang menghadiri acara peringatan 51 tahun Supersemar dan Haul Presiden Soeharto di Masjid At Tin Jakarta Timur, Sabtu malam, 11 Maret 2017.

 Ipda M Yusmin Ohorella Dituntut 6 Tahun Penjara

Pantauan VIVA.co.id, aksi penolakan massa ini sudah terlihat, sejak Djarot tiba di lokasi acara sekira pukul 18.00 WIB. Untuk memasuki lokasi acara, Djarot sudah harus dikawal oleh polisi.

Di acara yang dihadiri sejumlah tokoh nasional, seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Wakil ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, Hutomo Mandala Putra, serta sejumlah tokoh lain, seperti pimpinan Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab dan ustaz Arifin Ilham, serta lain sebagainya.

Ritual Cari Berkah Nyi Roro Kidul, Ramai Tagar Bebaskan Briptu Fikri

Djarot tidak sampai menuntaskan hingga acara selesai. Ia pun keluar dari lokasi sekira pukul 20.30 WIB, dan lagi-lagi mendapat penolakan.

Massa pun terlihat ricuh, ketika Djarot keluar. Beberapa di antaranya, bahkan melontarkan kata-kata kasar kepada calon petahana Pilkada DKI 2017 itu. "Woy ngapain masuk-masuk ke sini," ujar massa.

Habib Rizieq Kirim Bingkisan ke Edy Mulyadi, Apa Isinya?

Aksi penolakan itu juga berimbas kepada awak media. Mereka yang mencoba mendokumentasikan peristiwa itu, juga dihalangi. Bahkan, salah seorang wartawan sempat diminta massa untuk menghapus foto yang didokumentasikannya.

"Itu awas kamera, matiin lampunya, jangan ada yang ambil gambar," ujar massa.

Aksi ricuh ini juga berlangsung hingga ke luar lingkungan masjid. Djarot yang sudah dikawal dan masuk ke dalam mobil, juga masih dikerumuni. Beberapa di antaranya, bahkan melemparkan botol minuman.

Sejauh ini, tak jelas apa alasan penolakan massa tersebut. Namun, di linimassa twitter, reaksi massa atas kehadiran Djarot tersebut langsung menjadi puncak percakapan netizen.

Penolakan itu pun menuai kecaman keras dari netizen dan dianggap tak mencitrakan penghormatan, sebab Djarot disebut memang mendapatkan undangan dari panitia penyelenggara.

Berikut, sejumlah cuitan netizen soal penolakan Djarot di acara Haul Soeharto tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya