Ada Proyek Tol Becakayu, Simpang Kebon Nanas Ditutup

Peta penutupan Jalan Kebon Nanas, Jakarta Timur
Sumber :
  • Polda Metro Jaya

VIVA.co.id – Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum (Subdit Bin Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, mengatakan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan penutupan di simpang Jalan Kebon Nanas, Jakarta Timur. 

Mobil Terbakar di Tol Becakayu, Asap Seperti Tersenyum Jadi Sorotan Warganet

Penutupan tersebut lantaran ada pembangunan konstruksi Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Penutupan tersebut berlaku mulai hari ini hingga 21 Maret mendatang. "Uji coba akan dilaksanakan tanggal 14 Maret sampai dengan 21 Maret 2017 pukul 06.00 WIB," katanya.

Menurut Budiyanto, salah satu dampak pekerjaan konstruksi Jalan Tol Becakayu yang melintasi Jalan Kalimalang - Jalan DI Panjaitan adalah kemacetan di persimpangan Jalan Kebon Nanas - Jalan Otista III - Jalan DI Panjaitan. 

Berkas Perkara Pembunuhan di Kolong Tol Becakayu Diserahkan ke Kejari Jakpus

"Untuk meningkatkan kenerja di persimpangan tersebut perlu adanya rekayasa lalu lintas dalam bentuk penutupan simpang Jalan Kebon Nanas-Jalan Otista III-Jalan DI Panjaitan," kata Budiyanto kepada VIVA.co.id, Selasa, 14 Maret 2017.

Budiyanto mengatakan, penutupan ini juga lantaran karakteristik volume arus lalu lintas di hari kerja relatif cukup tinggi di kawasan ini. 

Tinjau Urban Farming di Kolong Tol Becakayu, Heru Budi: Perlu Dikembangkan

Dihubungi terpisah, Wakil Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, mengatakan, dengan adanya penutupan simpang jalan tersebut akan ada rekayasa lalu lintas  di sekitar lokasi. "Pastinya ada rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan," ujarnya.

Berikut ini rekayasa lalu lintas tersebut: 

1. Pengguna jalan dari arah Utara (Jatinegara) yang akan belok kanan menuju Jalan Otista III diarahkan lurus. Kemudian berputar di U-Turn (putaran balik) setelah Halte TransJakarta Penas Kalimalang dan seterusnya.

2. Pengguna jalan dari arah Selatan (Cawang) yang akan belok kanan menuju Jalan Kebon Nanas diarahkan lurus berputar di U-Turn depan Kecamatan Jatinegara dan seterusnya.

3. Pengguna jalan dari arah Timur (Jalan Kebon Nanas) yang akan belok kanan menuju Jatinegara maupun ke Jalan Otista III diarahkan belok kiri di Jalan D.I. Panjaitan. Kemudian berputar di U-Turn setelah Halte TransJakarta Penas Kalimalang dan seterusnya.

4. Pengguna jalan dari arah Barat (Jalan Otista III) yang akan belok kanan menuju Cawang maupun Jalan Kebon Nanas diarahkan belok kiri di Jalan D.I. Panjaitan. Kemudian berputar di U-Turn depan Kecamatan Jatinegara dan seterusnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya