Djarot: Tujuan Utama Aksi 313 Politis

Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • Ade Alfath - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Saiful Hidayat tak mau berkomentar bahwa aksi 'bela Islam 313' akan berpengaruh terhadap elektabikitasnya. Namun dia menyebut bahwa aksi tersebut jelas-jelas memiliki tujuan politik.

Mahasiswa Jadi Tersangka Makar Ajukan Penangguhan Penahanan

"313 Itu kan bukan untuk ibadah Salat Jumat di Istiqlal, tujuan utamanya kan demo, politis," kata Djarot di sela kunjungannya di Cakung, Jakarta, Sabtu 1 April 2017.

Menurut dia, jika demo bertujuan untuk ibadah, harusnya peserta aksi dapat beribadah salat Jumat di masjid terdekat dari tempat mereka tinggal atau bekerja.

Sejak Kapan Polisi Incar Al Khaththath Soal Makar?

"Yang dari luar kota itu kan bisa salat di tempat masing-masing. Kan banyak," kata dia.

Seperti diketahui, aksi 313 yang digelar kemarin menuntut terdakwa dugaan penistaan agama Basuki Tjahja Purnama alias Ahok dijebloskan ke dalam penjara. Pagi hari sebelum aksi di mulai, sejumlah tokoh penggerak aksi ditangkap karena diduga terlibat dugaan kasus makar.

Mempertanyakan Jeratan Pasal Makar Aksi Bela Islam

Mereka adalah Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam, Muhammad Al Khaththath, lalu Zainudin Arsyad, Irwansyah, Dikho Nugraha dan Andre. Zainudin diketahui bagian dari Gerakan Mahasiswa Pelajar Bela Bangsa dan Rakyat (GMPBBR).

Sementara, Irwansyah merupakan wakil koordinator lapangan aksi 313. Dikho dan Andre diketahui bagian dari Forum Syuhada Indonesia (FSI). Mereka kemudian ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath.

Sekjen FUI Al Khaththath Dibebaskan

Dia dibebaskan sementara karena penangguhan penahanannya diterima.

img_title
VIVA.co.id
12 Juli 2017