Kronologi Perampok Sandera Ibu dan Bayinya di Angkot

Perampokan di angkot KWK T25 jurusan Rawamangun-Pulogebang
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA.co.id – Kepolisian telah melakukan identifikasi terhadap Hermawan, pelaku penyanderaan penumpang angkot KWK jurusan Rawamangun-Pulogadung di Jalan I Gusti Ngurahrai, lampu merah Buaran, Jakarta Timur.

Perampok Toko Emas di Taman Sari Dua Kali Muntahkan Timah Panas

Hermawan melakukan penyanderaan dengan menodongkan senjata tajam di leher seorang ibu bernama Risma Oktaviani yang menggendong anak balitanya bernama Dafa Ibnu Hafiz.

"Alasan pelaku enggak punya duit, dia pengangguran," kata Kapolsek Duren Sawit Polres Metro Jakarta Timur, Kompol Yudho Huntoro kepada VIVA.co.id di Jakarta, Minggu, 9 April 2017.

Bos Alfamart Beri Hadiah ke Polisi Depok yang Tangkap Perampok

Namun kata dia, sejauh ini pelaku melakukan penyanderaan terhadap ibu yang sedang menggendong anaknya di dalam angkot tidak dalam pengaruh minuman keras.

"Enggak ada, cuma nekat doank, namanya mungkin udah niat jahat," katanya.

Panik Dikejar Warga, Dua Pembobol ATM Tabrak Tiang Listrik

Kronologinya, pelaku Hermawan (26) menaiki angkot dari perempatan Buaran yang berlokasi di depan kantor Perumnas III Buaran. Kemudian pelaku mengeluarkan senjata tajam dan menodongkannya kepada seorang ibu bernama Risma dan Isnawati  lalu meminta handphone, kalung dan gelang yang bersangkutan.

"Ketika berada di traffic light Buaran ibu Isnawati berteriak minta tolong," ujar Yudho.

Menurut dia, saat korban  berteriak meminta tolong secara bersamaan lewat seorang anggota Satuan Lalu Lintas Jakarta Timur bernama Aiptu Sunaryanto yang sedang dalam perjalanan berangkat dinas.

"Setelah saksi berada di dekat angkot dan melihat situasi di dalam ternyata pelaku menodongkan pisau ke leher korban," ujarnya.

Saat itu, saksi bernama Cikal salah satu supir angkot dan saksi lainnya Herawati berusaha melakukan negosiasi sekira satu setengah jam agar pelaku mengurungkan niatnya.

"Namun tidak dihindarkan malah mengatakan agar saksi diam, tinggal menunggu waktu lengahnya lalu menembak pelaku di lengan kanan," ujarnya.

Saat itu saksi langsung membekuk pelaku dibantu oleh masyarakat sekitar. Kira-kira satu jam akhirnya pelaku dapat diamankan di Polsubsektor Klender, Jakarta Timur.

"Saat ini pelaku dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramatjati," kata Yudho.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya