Anies Ingin Wujudkan Tarif Transportasi Jakarta Rp5 Ribu

Debat Kedua Pilkada DKI Jakarta 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Uno, akan menerapkan sistem moda transportasi umum yang terintegrasi di Jakarta.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Anies mengatakan, selain integrasi, mereka akan menerapkan tarif yang murah untuk warga Jakarta, yakni Rp5 ribu. Tarif tersebut, berlaku untuk tujuan ke seluruh wilayah DKI Jakarta, termasuk dari Jakarta Utara ke Kepulauan Seribu.

"Kami ingin, seluruh moda transportasi tersambung. Dari mikro bus, kemudian bus menengah sampai MRT (mass rapid transit) maupun LRT (light rail transit). Ini satu sistem," ujar Anies dalam debat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu malam, 12 April 2017.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, ada tiga kompenen untuk mengintegrasikan itu. Yang pertama, yakni biaya, atau tarif transportasi umum.

"Rp5 ribu semuanya, termasuk dari Kepulauan Seribu. Ketika mereka datang ke Jakarta, maka tiket yang dipakai kapal langsung bisa dipakai untuk semuanya. Yang kedua, manajemennya untuk membuat terintegrasi," ujarnya.

PAN Jakarta Tak Masalah Kaesang Maju Pilgub DKI: Semua Punya Hak

Yang ketiga, kata mantan Rektor Universitas Paramadina itu adalah kesejahteraan untuk penyelenggara transportasi, mulai dari pengemudi hingga seluruh pegawai lain yang terlibat.

"Subsidi yang akan kami berikan bukan hanya untuk TransJakarta, tetapi diberikan untuk keseluruhan sistem transportasi di Jakarta. Biayanya murah, bisa ke mana saja, nyaman. Pemerintah menanggung ongkosnya," tuturnya. (asp)

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Serentak 2024. Sejumlah partai.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024