149 Penyandang Disabilitas Akan Ikut Pilkada DKI

Para penyandang disabilitas di panti milik Dinas Sosial DKI Jakarta
Sumber :
  • Dok. Dinas Sosial DKI Jakarta

VIVA.co.id – Sebanyak 149 penyandang disabilitas di panti Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta akan mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran dua. Mereka akan memberikan suaranya pada 19 April 2017 mendatang.

Keuangan Semakin Inklusif Untuk Penyandang Disabilitas

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan menyebutkan, data dari Dinas Sosial mencatat dari jumlah tersebut ada 40 orang penyandang disabilitas tubuh yang tinggal di Panti Sosial Bina Daksa Budi Bakti akan mengikuti pilkada.

Lalu sebanyak 39 orang penyandang disabilitas netra dan rungu wicara yang tinggal di Panti Sosial Bina Netra Rungu Wicara Cahaya Bathin juga akan menggunakan hak pilihnya.

Pertama Kalinya 2 Penyandang Disabilitas dari 195 Siswa Lolos Seleksi SIPSS Polri 2024

Selanjutnya, ada 70 orang penyandang disabilitas ganda yang berada di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih akan ikut serta dalam pemilihan putaran kedua ini. 

Para penyandang disabilitas itu, menurut Masrokhan, akan menggunakan hak pilihnya di Pilkada DKI Jakarta 2017 bakal difasilitasi. Mereka akan difasilitasi mulai dari kursi roda, kendaraan, hingga pendampingan petugas.

Viral Dua Penyandang Disabilitas Ukir Prestasi, Lolos Rekrutmen Calon Anggota Polri Jalur SIPSS

"Pegawai atau petugas kami juga memberikan keleluasaan penyandang disabilitas untuk memilih sesuai dengan pilihannya. Tidak ada petugas yang mengarahkan ke calon tertentu," ujar Masrokhan dalam keterangan tertulisnya, Senin, 17 April 2017.

Pendampingan itu, kata Masrokhan, akan dilakukan untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam mengikuti pilkada. Apabila tempat pemungutan suara jauh dari panti, pihaknya akan memfasilitasi kendaraan.

"Kami juga menyampaikan kepada petugas agar tetap memberikan pelayanan di setiap panti-panti meskipun sedang pemilihan pilkada," kata Masrokhan. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya