Ahok Yakin Tak Bersalah dalam Kasus Penistaan Agama

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • REUTERS/Tatan Syuflana/Pool

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menekankan keyakinannya bila dirinya tak bersalah dalam kasus dugaan penistaan agama. Hal ini karena tuntutan jaksa yang hanya mengenakan pasal 156 KUHP sehingga pernyataan Ahok di Kepulauan Seribu tak memenuhi unsur menghina agama.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Memang aku enggak ada menodai agama, kok," kata Ahok di Balai Kota, Jumat 21 April 2017.

Tak banyak pernyataan yang disampaikan Ahok terkait kasus yang menjeratnya tersebut.

Cawapres Ma'ruf Amin akan Temui Ahoker

Namun, sebelumnya kuasa hukum Ahok, Humphrey Djemat menyatakan, pernyataan Ahok di Kepulauan Seribu yang mengutip surat Al Maidah ayat 51 terbukti tak menodai agama. Menurut dia, jaksa ragu untuk menjerat kliennya dengan pasal penodaan agama karena tak memiliki bukti kuat.

"Yang 156 a terkait penodaan agama sudah dinyatakan tidak terbukti," ujar Humphrey.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Dalam sidang tuntutan terhadap Ahok sebagai terdakwa, jaksa menjeratnya dengan Pasal 156 dalam dakwaan alternatif kedua tentang perasaan permusuhan, kebencian, atau penghinaan terhadap satu golongan di Indonesia. Menurut Ketua Tim jaksa penuntut umum, Ali Mukartono, pernyataan Ahok menimbulkan keresahan di masyarakat.

Padahal, dalam berkas dakwaan sebelumnya, jaksa mengenakan Pasal 156 dan 156a KUHP.

Dalam tuntutannya, jaksa menjatuhkan hukuman pidana satu tahun kurungan penjara dengan hukuman percobaan selama dua tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya