Ahok Lontarkan Kritik Pedas Soal KJP Plus

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • Ichsan/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan, ada kemunduran dalam penerapan Kartu Jakarta Pintar Plus yang digadang-gadang oleh calon penggantinya, Anies Rasyid Baswedan. Kemunduran yang dimaksud adalah konsep di mana KJP Plus bisa digunakan untuk tarik tunai.

Pelajar Demo Rusuh Omnibus Law Terancam Dicabut KJP dan Blacklist SKCK

Sebelumnya, dalam program KJP yang pertama kali diluncurkan oleh Joko Widodo saat menjabat Gubernur DKI Jakarta pada 2012 lalu, KJP hanya bisa digunakan untuk pembayaran non-tunai. Semua transaksi dapat dilacak melalui sistem perbankan. 

"Saya cuma menyayangkan, kalau waktu kampanye kemarin, Pak Anies menjanjikan, kalau dia jadi gubernur, seluruh KJP itu boleh ditarik tunai. Kalau ditarik tunai, semua kita enggak bisa baca, kalau anak-anak ini beli apa," kata Ahok di Balai Kota, Sabtu 6 Mei 2017.

Gadaikan KJP, Ratusan Warga Kalideres Terancam Dicabut Haknya

Ia pun menerangkan, bahwa pemerintah sudah bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk menuju masyarakat non-tunai. Tujuannya, untuk meningkatkan literasi keuangan agar masyarakat terbiasa menggunakan non-tunai dalam transaksi sehari-hari (cashless banking).

"Karena, uang tunai ini juga ada biaya uangnya. Cetak uang, rusak uang, menghitung uang, itu ada uangnya," ujar dia.

DKI Izinkan Siswa Tarik Tunai Seluruh Dana KJP

Lebih jauh, Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, jika KJP menggunakan uang tunai, maka transaksi dan penggunaan uangnya oleh pengguna tidak akan tercatat. Sehingga, pengawasannya akan menjadi lemah.

"Kalau kamu beli tunai, semuanya enggak kecatat kamu belanja apa. Nah, kalau kamu pakai KJP, itu bisa kami kontrol. Kalau itu dilepas (tunai), bisa-bisa setahun duitnya sudah habis," tuturnya.

Ilustrasi sekolah tatap muka.

Catat Jadwal PPDB Sekolah di Jakarta Dibuka Juni 2021

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan Pergub Provinsi DKI tentang petunjuk teknis PPDB tahun pelajaran 2021-2022.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2021