Kesal, dari Malaysia Habib Rizieq Balik ke Arab Saudi

Habib Rizieq Shihab
Sumber :
  • Bayu Nugraha/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab disebut-sebut kembali terbang ke Arab Saudi usai menempuh program disertasinya di Universitas Sains Islam, Malaysia (USIM).

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Padahal, seperti diketahui, Rizieq kini tengah ditunggu polisi pulang ke Indonesia untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan percakapan (pesan) mesumnya dengan Firza Husein. Bahkan polisi berencana menjemput paksa Rizieq lantaran dua kali mangkir dalam pemeriksaannya sebagai saksi pada kasus tersebut.

"Enggak tahu persis, setahu saya masih di Kuala Lumpur, tapi ada yang mengatakan sudah ke Saudi lagi," kata Ketua Badan Hukum Front Pembela Islam, Sugito Atmo Prawiro saat dikonfirmasi, Senin, 15 Mei 2017.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

Sugito menjelaskan, sebenarnya Rizieq berencana kembali ke tanah air hari ini. Namun, lanjutnya, Rizieq melihat ada yang aneh dengan proses hukum pada kasus dugaan pesan mesum yang dituduhkan padanya. Ia melihat sudah ada unsur politik dalam kasus itu sehingga Rizieq pun urung kembali ke Indonesia hari ini.

"Jadi begini, sebenarnya habib kemarin mau balik (ke Indonesia), tapi ketika hukum sudah menjadi alat kekuatan dan alat politik, habib berpikir, oh ini harus ada strategi baru untuk melawannya. Bahwa sebenarnya habib
sudah memahami dan mengerti bahwa ini kekuasaan kalap dan menggunakan instrumen kepolisian untuk menekan. Kalapnya untuk kasus Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) kalah (Pilkada DKI Jakarta 2017) dan Ahok di penjara (kasus penodaan agama), itu saja," ujar Sugito.

Habib Rizieq Menikah Lagi karena Diminta Ketujuh Anaknya

Menurut Sugito, hukum haruslah adil untuk semua orang. Terkait apa yang menimpa Ahok, Ia menegaskan bahwa hal itu bukanlah akibat dari Rizieq. Ia mempertanyakan mengapa semua kesalahan dilimpahkan pada Rizieq atas apa yang telah menimpa Ahok.

"Ini bukan berarti yang berperan aktif untuk mengalahkan Ahok itu hanya Habib Rizieq, kan banyak pihak.
Kenapa semua dilimpahkan ke Habib Rizieq? Ini Habib Rizieq agak kesel," ucapnya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengaku pihaknya belum mendapatkan kabar perihal Rizieq yang kembali lagi ke Arab Saudi dari Malaysia.

"Kita step by step sesuai aturan, kita lakukan sesuai aturan dulu," ucap Argo.

Apabila benar Rizieq kembali ke Arab Saudi, Argo menjelaskan bahwa hal itu akan menjadi kewenangan penyidik dalam kasus tersebut untuk merumuskan apa tindakan mereka selanjutnya.

"Itu nanti akan kita rumuskan, yang penting kita urus dulu hari ini atau besok, kita cari dulu. Setelah tidak ada di Indonesia nanti akan dirumuskan langkah selanjutnya," kata Argo.

Untuk diketahui, kasus chat mesum mencuat setelah tersebar di sebuah situs bernama domain baladacintarizieq. Di situs yang kini sudah tidak bisa diakses itu, terdapat percakapan mesra seorang pria bernama akun WhatsApp Rizieq dengan wanita diduga Firza Husein. Tak hanya percakapan, di dalam situs itu juga dimuat sejumlah foto vulgar wanita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya