Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 16 Mei 2017 | 15:28 WIB
  • Jelang Ramadan, Pedagang Tanah Abang Bermunculan

  • Oleh
    • Lis Yuliawati,
    • Eduward Ambarita
Jelang Ramadan, Pedagang Tanah Abang Bermunculan
Photo :
  • Raden Jihad Akbar/VIVAnews
Satpol PP menertibkan lapak pedagang kaki lima Tanah Abang.

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI menyoroti maraknya pedagang kaki lima menjelang Ramadan. Lantaran itu, petugas Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP gencar menertibkan pedagang yang menggunakan badan jalan.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Jupan Royter Tampubolon, mengatakan, salah satu yang disoroti belakangan ini adalah munculnya kembali para pedagang di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Kami kan sudah lihat selama ini kan setiap tahun kalau menjelang bulan puasa menjelang hari-hari besar agama itu kan aktivitas masyarakat untuk belanja ini, belanja itu," kata Jupan di Balai Kota, Selasa,16 Mei 2017.

Jupan mengatakan, kawasan Tanah Abang telah menjadi momok kemacetan, tidak hanya menjelang hari raya, namun juga di hari-hari biasa. Bila para pedagang berkukuh jualan di badan jalan, pihaknya akan menambah personel untuk melakukan penertiban.

Pengawasan terhadap PKL juga diterapkan di sejumlah pasar lainnya, seperti Jatinegara, Kramat Jati dan Pasar Senen. "Dijaga terus, sampai sepi aja itu," ujarnya.

Dia tidak ingin Satpol PP diidentikkan dengan aparat yang kerap menggusur usaha warga. Lantaran itu, pihaknya melakukan pendekatan secara persuasif lebih dulu sebelum menegakkan Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. 

"Tahapan persuasif tetap, jangan berdagang di sana. Pedagang kami beri edukasi dan lakukan rutin. Namun karena biasanya dua minggu sebelum puasa itu ramai masyarakat belanja tetap kami awasi," katanya. (one)