Pengemis Serbu Jakarta, Diduga Sengaja Didrop

Ilustrasi pengemis di Jakarta.
Sumber :
  • Dok. Sudin Sosial Jakarta Timur

VIVA.co.id – Jakarta masih menjadi kota pengharapan untuk mengais rezeki. Buktinya, setiap Bulan Ramadan, Jakarta selalu diserbu warga luar daerah untuk mengemis.

Viral Kang Dedi Bongkar Pengemis Pura-pura Cacat dan Punya 2 Motor

Pelaksana tugas Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat mengatakan, kehadiran para pengemis ini menjadi masalah baru bagi Pemerintah Provinsi DKI. Karena, selama ini Pemprov DKI terus berupaya mengentaskan masalah sosial ini.

Apalagi diketahui ternyata, pengemis musiman ini datang bukan secara perorangan, mereka diduga didatangkan sekelompok orang yang ingin meraup keuntungan dari para pengemis itu.

Ayu Ting Ting Disebut Pelit ke Pengemis, Ayah Rozak Bereaksi

"Karena mereka sebagian besar itu kan drop-dropan dari luar. Antisipasinya akan menjaga tempat mangkal mereka," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Rabu 31 Mei 2017

Menurut Djarot, ada beberapa cara yang telah disiapkan dan dilaksanakan Pemprov DKI untuk mencegah kedatangan para pengemis musiman ini.

Viral, Kurang Setoran Ngemis Nenek Jambak dan Tampar Cucu Pakai Tas

Pemprov DKI akan rutin melakukan operasi gelandangan dan pengemis. Darot juga menegaskan jika petugas menemukan gelandangan dan pengemis yang berkeliaran akan langsung dilakukan penjaringan.

"Sekarang kan sudah berkurang banyak banget. Kalau ada ya kita tangkap, kita amankan, kita masukkan ke panti," ujarnya.

Djarot mengimbau kepada warga luar daerah agar tak lagi mau diajak untuk mengemis di Jakarta terutama di Bulan Ramadan. Sebab, jika terjaring petugas, mereka akan dikembalikan ke daerahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya