Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 00:13 WIB
  • Ustaz Yusuf Mansur Dilaporkan ke Polisi

  • Oleh
    • Finalia Kodrati,
    • Nur Faishal (Surabaya)
Ustaz Yusuf Mansur Dilaporkan ke Polisi
Photo :
  • Dok.ist
Ustaz Yusuf Mansur

VIVA.co.id – Ustaz Jam’an Nur Chotib Mansur alias Ustaz Yusuf Mansur berhadapan lagi dengan perkara hukum terkait investasi Condotel Moya Vidi. Pelapornya ialah empat investor asal Surabaya, Jawa Timur. Mereka merasa ditipu oleh terlapor.

Laporan itu diserahkan para terlapor oleh kuasanya, Sudarso Arief Bakuama, ke Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur Jalan A Yani Surabaya pada Kamis, 15 Juni 2017. Laporan yang kini tengah diteliti Kepolisian itu bernomor 742/VI/2017/UMJATIM atasnama terlapor Jam’an Nur Chotib Mansur alias Yusuf Mansur.

Sudarso menjelaskan, investasi Condotel Moya Vidi ditawarkan Yusuf Mansur sekira tahun 2012-2013 silam. Pendakwah tampan itupun merekrut investor di seluruh Indonesia. Jumlahnya ribuan orang atau investor, termasuk keempat kliennya asal Surabaya. Investasi direkrut untuk pembangunan condotel.

Investasi yang ditawarkan Yusuf Mansur, lanjut Sudarso, berbentuk sertifikat. Harganya Rp2,75 juta per lembar sertifikat. Tentu saja ada keuntungan yang dijanjikan. “Ada juga investasi usaha patungan, patungan aset, investasi konsisten dan ada juga investasi haji dan umrah,” katanya kepada wartawan di Markas Polda Jatim.

Belakangan, tutur Sudarso, program investasi tersebut bermasalah. Otoritas Jasa Keuangan menyoroti dan menghentikan investasi yang dijalankan Yusuf Mansur tersebut. Investasi yang dikumpulkan dari ribuan jemaah juga dialihkan untuk membangun hotel, bukan condotel seperti awal diketahui. “Pengalihan aset itu hanya diberitahukan terlapor melalui websitenya,” ujarnya.

Banyak investor bingung karena programnya tidak jelas. Karena itu, sebagian dari mereka lalu melaporkan Yusuf Mansur ke Markas Besar Kepolisian RI pada 2016 lalu. Perkara dengan pelapor Darmansyah itu berujung damai, setelah Yusuf Mansur mengembalikan modal investasi dan keuntungan pelapor.

Belakangan bermunculan anggota investor program Yusuf Mansur yang ingin melapor ke polisi. Di antaranya empat investor asal Surabaya yang melapor ke Polda Jatim. “Saya rasa nanti akan menyusul laporan dari investor Condotel Moya lain. Tidak hanya di Surabaya, tetapi di daerah lain juga,” kata Sudarso.