Cerita Djarot Dibully Gara-gara Larang Sahur On The Road

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengaku mendapat kritikan dari sejumlah pihak lantaran sempat menyatakan larangan untuk menggelar 'sahur on the road'. Padahal imbauan itu bertujuan baik agar menghindari  tindakan kriminal atau pun kecelakaan yang terjadi pada dini hari.

Razia SOTR, Polres Metro Jakbar Tangkap 40 Remaja Balap Liar

"Bukan melarang sahurnya loh. Gara-gara saya keras untuk melarang sahur on the road, saya juga di-bully dianggap melarang sahur, dianggap tidak Islami, dianggap tidak sahur," kata Djarot di Balai Kota, Selasa, 20 Juni 2017. 

Djarot mengatakan, sejak larangan itu dilontarkan akhirnya banyak pihak mempersepsikan  bahwa Pemerintah Provinsi DKI tidak mendukung adanya kegiatan yang sifatnya positif selama bulan Ramadan. Padahal, kata dia, sahur yang dilaksanakan di jalan tersebut lebih banyak menimbulkan kesan negatif. 

Belum Temukan Warga Gelar SOTR, Polda Metro Konsisten Patroli

"Tetapi yang on the road ini berkali-kali saya sampaikan itu lebih banyak mudarat-nya karena banyak diboncengi oleh geng motor dan rawan untuk berbuat kriminal. Terbukti toh tahun ini cenderung menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Djarot mengakui, telah berkoordinasi dengan kepolisian apabila ada kegiatan sahur on the road yang terbukti menyimpang. Menurut dia, ranah penindakan akan langsung di bawah aparat penegak hukum untuk memantau langsung aktivitas masyarakat selama bulan Ramadan. 

Kapolda Metro: Nekat Gelar Sahur On The Road, Akan Kami Tindak

"Kalau seperti itu, mengganggu serta berpotensi menimbulkan konflik, ya ditindak. Siapa yang bisa menindak, ya kepolisian," kata dia. 

Polisi menertibkan lalu-lintas di jalur yang jadi lokasi Sahur on the road di Jalan MH. Thamrin Jakarta beberapa waktu lalu.

Polda Metro Jaya Akan Rutin Patroli SOTR karena Rawan Tawuran

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran, menyebut sahur on the road (SOTR) riskan memancing tawuran.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2021