Sandiaga Minta Warga Tak ke Jakarta dengan Tangan Hampa

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id - Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta, Sandiaga Uno, meminta warga luar Jakarta tak urbanisasi ke Ibu Kota usai Lebaran, apabila tidak memiliki kemampuan kerja. Lapangan pekerjaan di Jakarta meniscayakan orang yang memiliki keterampilan memadai untuk mendukung perekonomian.

Sandiaga Sarankan Khofifah-Risma 'Tidak Berpolitik' untuk Lawan Corona

“Daerah-daerah (harus) melakukan kegiatan yang dapat menciptakan keterampilan khusus bagi para calon pendatang ke Jakarta. Karena, tak bisa mereka datang ke Jakarta dengan tangan hampa (tanpa keterampilan kerja),” katanya, ketika bersilaturahmi di rumah dinas Ketua DPR, Setyo Novanto, di Jakarta pada Minggu malam, 25 Juni 2017.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kata Sandiaga, memang selalu mengantisipasi kedatangan para calon pendatang baru tiap usai Lebaran. Namun, tentu tak semua pendatang baru tertampung, atau dapat mengisi lapangan-lapangan pekerjaan di Ibu Kota.

Sebar Lokasi CFD, Sandiaga Sebut Kebijakan Tepat

Di sisi lain, dia berpendapat, pemerintah daerah seyogianya mendorong penciptaan lapangan kerja, terutama berbasis kewirausahaan, agar tak bergantung pada sektor-sektor ekonomi Ibu Kota. "Kita harus bangun sistem kewirausahaan yang kuat untuk bisa menciptakan lapangan kerja," katanya.

"Harus pastikan lapangan kerja tersedia, dan untuk yang tak bisa bersaing, harus disiapkan pelatihan menyesuaikan kebutuhan lapangan kerja," ujarnya. (asp)

Industri Otomotif RI Bisa Jadi Ladang Lapangan Kerja karena Hal Ini

Sandiaga Khawatir Gelombang Ketiga Corona yang Lebih Dahysat

Berkaca pada flu Spanyol 1918.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020