Jemaah Marzuqiyah Baru Salat Idul Fitri Hari Ini

Warga jemaah Masjid Al-Marzuqiyah di kawasan Cipinang Muara, Jakarta Timur, baru melaksanakan salat Idul Fitri pada Senin pagi, 26 Juni 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA.co.id - Warga jemaah Masjid Al-Marzuqiyah di kawasan Cipinang Muara, Jakarta Timur, baru melaksanakan salat Idul Fitri pada Senin pagi ini, 26 Juni 2017.

Syawal 2023: Arab Saudi Serukan Muslim yang Lihat Bulan Sabit pada 20 April Segera Melapor

Sekira dua ratus warga telah berkumpul di masjid itu sejak pukul enam pagi. Mereka melantunkan takbir dan tahmid, sebelum ibadah utama salat Id dimulai. Jemaah tampak khidmat dalam salatnya, serta menyimak khotbah Idul Fitri itu.

Satu Syawal 1348 Hijriah bagi jemaah Masjid Al-Marzuqiyah memang hari ini. Berbeda dengan keputusan pemerintah yang menetapkan Idul Fitri pada Minggu kemarin, 25 Juni.

Perbedaan Pandangan soal Penetapan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

Jemaah masjid itu mengikuti ajaran dari Kitab Tamyiz Zulhaq Minad Dollal, karangan Habib Usman bin Aqil bin Yahya. Ajaran itu, kemudian diturunkan dari kitab Fadhlul Rohman karangan Marzuki bin Mirsod.
 
Satu hal pokok yang disebutkan dalam kitab itu ialah kriteria ketinggian hilal (bulan sabit sebagai penanda bulan baru) dapat diamati, atau dirukyat untuk menentukan Idul Fitri. Ketinggian hilal paling rendah ditetapkan tujuh derajat.

Menurut para ahli ilmu falak (astronomi) jemaah Masjid Al-Marzuqiyah berdasarkan kriteria itu, ketinggian hilal belum mencapai tujuh derajat pada Minggu, sehingga belum masuk bulan baru, yakni Syawal.

Hilal 1 Ramadhan 1444 Hijriah Terlihat di Gresik

"Di kitab ini dijelaskan, hilal terlihat tujuh derajat. Ini landasan kita," kata Lukman Hakim, Ketua Bidang Hukmiyah Syariah Masjid Al-Marzuqiyah, ketika ditemui usai salat Id. (asp)

Pemantauan Hilal Untuk Menentukan Awal Puasa Ramadhan. (ilustrasi)

4 Ketentuan Penting dalam Penentuan Hilal Awal Bulan Hijriah

Ketentuan dalam menentukan awal bulan hijriah, seperti Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha diatur oleh Nahdlatul Ulama (NU). Metode yang digunakan ialah rukyatul hilal.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024