Hari Ini Diprediksi 14 Ribu Pemudik Bakal Tiba di Gambir

Ilustrasi suasana di stasiun Gambir, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Jumlah penumpang kereta api dengan tujuan akhir di Stasiun Gambir pada arus balik H+3 ini, Rabu, 28 Juni 2017, diprediksi mencapai 14.310 orang. Jumlah itu lebih tinggi 15 persen dibandingkan dengan jumlah penumpang yang masuk ke Stasiun Gambir kemarin, Selasa 27 Juni 2017, yaitu sebanyak 12.143 orang.

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

"Memang meningkat, tetapi tidak terlalu tinggi," kata Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu 28 Juni 2017.

Kendati demikian, Rizki memprediksi selama arus balik lebaran tahun ini, Stasiun Gambir tidak akan diserbu penumpang kereta api dengan jumlah yang cukup signifikan. Hal itu disebabkan, pihaknya hanya menyediakan 40 kereta api selama musim mudik lebaran di tahun ini. 

Banyak Pengendara Tak Lolos Penyekatan Arus Balik Tol Kalikangkung

"40 kereta api itu sudah termasuk tambahan ya. 40 kereta api itu, 28 kereta reguler dan 12 kereta tambahan," ujarnya.

Rizki menuturkan, hal serupa juga akan diberlakukan untuk menghadapi arus balik lebaran nanti. Menurutnya, pihaknya tidak akan menambahkan lagi kereta tambahan untuk menghadapi arus balik tahun ini, sehingga ia memprediksi arus balik tahun ini akan sama dengan arus mudik lebaran kemarin.

Arus Balik Pemudik Roda Dua Menyemut di Pantura Minggu Malam

"Untuk kondisi arus balik di Gambir sama seperti arus mudik kemarin, kita menyiapkan 12 kereta tambahan, total kereta yang berangkat dari Gambir ada 40 KA, 28 reguler dan 12 itu kereta tambahan. Jadi kita sampai H+15 masih menyediakan 12 kereta tambahan. Kereta tambahan itu sudah full, kita tidak akan menambah kereta tambahan lagi untuk arus balik," katanya.

Ia pun menjelaskan, untuk jumlah penumpang yang akan balik dengan tujuan akhir Stasiun Gambir sudah dapat terlihat dari jumlah tiket yang keluar atau dipesan saat ini. Menurutnya, hingga H+5 atau tanggal 1 Juli 2017 mendatang, jumlah penumpang yang akan tiba di Stasiun Gambir rata-rata sebanyak 13.000 orang per-hari.

"Meskipun belum terealisasi ya, kita sudah bisa memprediksi dari jumlah tiket yang sudah dipesan hampir rata-rata 13.000 penumpang perhari yang akan balik. Tetapi untuk puncaknya itu H+5 yaitu di tanggal 1 Juli puncaknya nanti," kata Rizki.

Untuk diketahui, pada hari puncak mudik kemarin, tanggal 24 Juni 2017. Stasiun Gambir telah memberangkatkan penumpang kereta api sebanyak 16.700 orang penumpang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya