Tahun Depan, Angkot di Jabodetabek Pakai AC

Angkutan umum (angkot).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Menteri  Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjelaskan keinginan pemerintah untuk meningkatkan layanan transportasi umum angkutan kota. Salah satunya dengan pemasangan pendingin udara atau air conditioner di sejumlah angkot di kawasan Jabodetabek. 

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

"Dan (peraturannya) akan dilaksanakan paling lambat Februari 2018," kata Budi Karya ketika ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu 1 Juli 2017.

Menurut dia, program pemasangan AC di angkot ini adalah untuk mengajak para pengelola alat transportasi umum agar mempedulikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan masyarakat. 

Tukang Ojek dan Supir Angkut Umum Dianiaya Orang Tak Dikenal di Paniai Papua Tengah

"Kami ingin angkot ini kompetitif, nyaman dan meninggalkan kendaraan pribadi," ujarnya. 

Pemerintah akan menggandeng sejumlah pihak untuk meningkatkan layanan transportasi angkot. Salah satunya adalah kerja sama dengan pengelola transportasi online

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

"Kami ingin ada kolaborasi antara taksi daring, taksi biasa dan angkot, supaya masyarakat tidak menggunakan mobil pribadi," tuturnya.

Program pemasangan AC disebut sejalan dengan Peraturan Menhub Nomor PM 29 Tahun 2015 tentang standar pelayanan minimal angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum dalam trayek.

"Sesuai PM 29, kami berharap pada tahun 2018 seluruh angkutan umum menggunakan AC, dengan temperatur 20-25 derajat Celcius," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya