Ketua DPRD DKI Setuju Ibu Kota Dipindah

Kemacetan di ibu kota Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Ketua Dewan Rakyat Perwakilan Daerah DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi menyatakan mendukung rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta.

Haru, Maxime Bouttier Ungkap Kebaikan Luna Maya untuk Keluarganya

Menurut Pras, Dia setuju dengan rencana pemerintah pusat itu karena pemindahan ibu kota dinilai akan memberikan dampak positif bagi daerah tujuan pemindahan. 

"Ini juga akan mendongkrak daerah lain karena kan harus ada pertumbuhan ekonomi yang adil jangan hanya terpusat di Jawa saja," kata Pras di Balai Kota, Jakarta, Rabu 5 Juli 2017. 

Warga Jakarta Mesti Cetak Ulang KTP Gegara Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur

Kendati demikian, Dia menyebut sejauh ini belum ada diskusi langsung terkait rencana itu antara pemerintah pusat dengan DPRD DKI sehingga rencana pastinya belum bisa dianalisa mendalam.

"Belum ada diskusi," ujarnya. 

Sesi Conference Hannover Messe 2023: Berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Sebelumnya Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil tak memungkiri, bahwa perlu adanya pertimbangan yang matang terkait dengan pemilihan daerah sebagai ibu kota baru. Sebab, daerah tersebut nantinya akan selamanya menjadi pusat ibu kota.

Rencana awal, pemerintah akan menentukan lokasi akhir ibu kota baru pada 2018. Pemilihan lokasi tersebut, nantinya akan tetap berlandaskan pada hasil kajian yang dilakukan, serta pertimbangan dari Presiden Jokowi selaku eksekutor utama.

"Kami masih cari alternatif-alternatif di samping Palangkaraya. Tempat yang paling suitable dan yang paling bagus," kata Sofyan saat ditemui di Kompleks Kepresidenan.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, dana untuk pemindahan ibu kota tidak akan seluruhnya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Pemerintah pun akan membuat skema yang memudahkan swasta untuk ikut menggarap rencana itu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya