Djarot: Ada Ormas Selain HTI yang Menentang Pancasila

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mendukung langkah pemerintah yang membubarkan organisasi kemasyarakat Hizbut Tahrir Indonesia. Menurutnya, sikap itu merupakan langkah yang tepat, lantaran keberadaan ormas HTI sangat meresahkan masyrakat.

Ternyata Ahok Tak Pernah Pacaran, di Penjara Malah Cari Istri

Terlebih dalam menjalankan aktivitasnya bertentangan dengan ideologi negara. "Sepanjang ada ormas yang bertentangan dengan ideologi Pancasila yang mengancam keutuhan NKRI, yang di dalam praktiknya memecah belah masyarakat harus dibubarkan," kata Djarot, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu 15 Juli 2017.

Meski Indonesia menganut sistem demokrasi, mantan Wali Kota Blitar itu menegaskan, bukan berarti masyarakat dalam berserikat bebas menentukan pahamnya sendiri. Dalam Undang - undang Ormas sendiri, juga diatur bagaimana suatu kelompok menjalani aktivitasnya, sehingga turut memberikan pengaruh positif di masyarakat.

Mantan Gubernur DKI Doakan Anies Dapat Wagub Tahun Ini

"Tapi bukan sebebas-bebasnya, ada aturan. Ada norma, ada keadaban yang dimiliki oleh bangsa ini," ujarnya.

Djarot pun, lewat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI tengah melacak keberadaan ormas lain di Jakarta yang juga dianggap telah melenceng dari ideologi negara.

Djarot Saiful: Tanya Pak Anies, Butuh Wakil atau Sendiri Urusi Jakarta

Menurut dia, langkah itu akan dijadikan rekomendasi kepada pemerintah pusat, agar dievaluasi akvitasnya. "Kita amati ada. Tapi kan, itu butuh ketegasan pemerintah. Anda tahu lah jawabannya," kata dia.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat

Mantan Gubernur DKI‎ Jadi Plt Ketua DPD PDIP Sumut

Djarot menggantikan Japorman Saragih.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020