Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 17 Juli 2017 | 18:06 WIB
  • Polisi Segera Tilang Pemotor yang Naik ke Trotoar

  • Oleh
    • Bayu Adi Wicaksono,
    • Foe Peace Simbolon
Polisi Segera Tilang Pemotor yang Naik ke Trotoar
Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
Motor Memakai Jalur Trotoar

VIVA.co.id – Rekaman video suatu keributan antara pemotor dengan komunitas pejalan kaki di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, tengah menarik perhatian publik. Kepolisian Daerah Metro Jaya pun akhirnya turun tangan akan menindak pemotor yang nekat melaju di atas trotoar.

Maka, bagi para pemotor, jangan coba-coba nekat melaju di trotoar lagi. Meski dengan alasan ruas jalan tak bisa dilalui karena macet. 

Sebab, usai terjadi keributan antara pemotor dengan komunitas pejalan kaki di Kebon Sirih, yang tengah viral di media-media  sosial, Kepolisian Daerah Metro Jaya berjanji akan gencar menindak pemotor yang memakai trotoar.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro jaya, Kombes Pol Halim Pagarra, polisi akan berjaga di titik-titik trotoar yang rawan dilintasi pemotor. Pemotor yang kedapatan melintas di trotoar akan langsung ditilang.

"Kami akan melakukan tindakan kepada pelanggar lalu lintas yang melawan arus dan mengendarai kendaraan di trotoar, itu dua kegiatan yang kita anjurkan. Di mana pun," kata Halim, Senin 17 Juli 2017.

Bagi dia, tak ada alasan bagi pemotor untuk melaju di trotoar. Karena area itu khusus tersedia untuk pejalan kaki. Keberadaan sepeda motor di trotoar dapat membahayakan jiwa pejalan kaki.

Kepolisian pun telah memiliki data tentang trotoar mana saja di Jakarta yang kerap dilintasi pemotor.

"Seperti Tendean dan ada lagi beberapa tempat laporan yang sering ada pelanggaran mengendarai roda dua di trotoar," ujar Halim.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua pengendara motor terekam video saat memarahi anggota komunitas pejalan kaki di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Pengendara motor itu mengamuk karena anggota komunitas pejalan kaki melarang mereka berkendara di trotoar. Tak hanya marah, salah satu pengendara motor sempat membanting helm dan menantang anggota komunitas pejalan kaki untuk berkelahi. (ren)