Urai Kemacetan, Jalan Dewi Sartika Depok Bakal Satu Arah

Peta sistem satu arah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Raya Nusantara, Depok
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Depok bakal melakukan sistem satu arah  khusus di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Raya Nusantara. Sistem yang bakal diuji coba Sabtu, 29 Juli 2017 itu ditujukan untuk mengurai kemacetan di kawasan tersebut.

Mengenal Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menjelaskan, nantinya Jalan Dewi Sartika hanya akan digunakan untuk kendaraan dari arah Jalan Margonda dan Jalan Kartini yang menuju Jalan Raya Sawangan.

“Sedangkan pengendara dari arah Sawangan yang hendak mengarah ke Jalan Raya Margonda akan dialihkan memutar di Jalan Nusantara (satu arah) menuju Jalan Arif Rahman Hakim hingga akhirnya menuju Margonda,” katanya kepada wartawan, Selasa, 25 Juli 2017.

Massa PKS Hari Ini Gerudug KPU Depok Tuntut Usut Dugaan Penggelembungan Suara Caleg DPR RI

Pemerintah Kota Depok bersama sejumlah dinas terkait tengah berupaya melakukan sosialisasi kepada para pengendara dengan diterbitkannya surat edaran Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Depok Nomor 6651.1/1421.Pemb tanggal 21 Juli 2017 tentang Sistem Satu Arah. “Ini kami lakukan untuk mengurai kemacetan di kawasan tersebut, demi kenyamanan masyarakat,” ujarnya.
 
Pradi mengatakan, penerapan ini sudah melalui kajian terlebih dahulu. Bahkan, pengkajian melibatkan konsultan swasta. Alasan dilakukan sistem satu arah di ruas ini karena merupakan titik kemacetan parah. Terlebih di sana juga ada perlintasan resmi kereta api milik PT KAI.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Depok Yusmanto menjelaskan, tujuan sistem satu arah adalah mengurai kemacetan yang cukup tinggi. Sebab, jalur tersebut dua arah ditambah adanya perlintasan kereta api yang cukup sering sekitar dua menit sekali. Dampaknya, kendaraan dari arah Citayam menuju Margonda akan tersendat di belokan arah Sawangan.

Viral, Sejumlah TPS di Depok Kekurangan Surat Suara Pemilu 2024

“Dari arah timur ke barat padat, ngeri juga kalau dilihat pas kereta lewat macet dari arah Citayam berhenti. Dari arah Margonda ke Citayam atau Sawangan pun terhenti juga,” katanya.

Lantaran itu, rekayasa lalu lintas akan dilakukan satu arah dari barat ke timur. Dari arah barat atau Sawangan menuju Margonda atau Depok Dua bisa melewati Jalan Dewi Sartika. Sedangkan dari arah timur seperti Citayam atau simpangan menuju Sawangan bisa melalui flyover Arif Rahman Hakim. “Perputaran di flyover Arif Rahman Hakim, tidak lewat Dewi Sartika lagi,” ujarnya.

Yusmanto menambahkan, ruas Jalan Dewi Sartika sangat kecil. Lalu lintas dua arah memadatkan kendaraan yang melintas. “Ruas kecil, volume kendaraan banyak. Ya macet.” (mus)
 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya