Pulau C dan Daratan Dadap Tangerang Bakal Tersambung

Kondisi Pulau C hasil reklamasi di Teluk Jakarta.
Sumber :
  • Danar Dono

VIVA.co.id – Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyambungkan Pulau C dengan daratan Dadap di Kabupaten Tangerang, Banten, akan segera terwujud.

Usai Reklamasi Dihentikan, Anies Siapkan Perubahan Payung Hukum

Sebab, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, PT Kapuk Naga Indah, selaku pengembang pulau reklamasi itu, sudah mengantongi izin menyambungkan pulau ke Tangerang.

"Rencanannya begitu. Jadi ada izin untuk menyambung ke Dadap. Ini menyangkut Tangerang dan DKI saya bilang," kata Djarot, Jumat 28 Juli 2017

Anies Dipanggil Zulkifli Hasan, Bahas Reklamasi dan Pilpres 2019

Djarot mengatakan, dalam proyak penyambungan Pulau C dengan kawasan Dadap, Pemprov DKI hanya bertugas membuat trase saja. Karena ide untuk penyambungan Pulau C Dadap, Tangerang, berasal dari PT Kapuk Naga Indah. 

"Jadi kita diminta untuk bikin trase, saya bilang trasenya itu indikatif," ujarnya

Pergub Reklamasi Terbit, Koalisi: Kado Pahit buat Nelayan

Menurut Djarot, untuk penyambungan Pulau C dengan kawasan Dadap, Tangerang, setidaknya ada dua trase yang harus dibuat, yaitu untuk wilayah Banten dan DKI Jakarta. Tidak bisa hanya satu lintasan, karena posisinya yang berada di tengah.

"Kan trasenya dua wilayah Banten dan DKI. Enggak bisa satu karena tengah-tengah kan. Kalau itu disambungkan cukup indah dan bagus," ujarnya

Djarot mengatakan, Jika Pulau C dengan Tangerang telah tersambung, maka akan jadi lebih bagus dan banyak keuntungan yang didapat. "Penghuni Pulau C juga akan lebih mudah mengakses Bandar Udara Soekarno-Hatta," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya