Minggu Depan TransJakarta Bawa Penumpang Lintasi Koridor 13

Jalur bus TransJakarta Koridor 13, Ciledug-Tendean.
Sumber :
  • ANTARA / Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – Untuk pertama kalinya, masyarakat pengguna jasa transportasi Bus TransJakarta bakal bisa merasakan melintas di ruas jalan layang atau flyover tertinggi di Jakarta.

Hore Ada Rute Baru TransJakarta, Ciledug-Kuningan

Sebab, pada 13 Agustus 2017, PT Trans Jakarta, akan mengoperasikan Bus TransJakarta melintas di jalur koridor 13, ruas Tendean-Ciledug, dengan disertai penumpang.

"TransJakarta akan melakukan uji coba dengan mengangkut pelanggan di koridor 13 pada 13 Agustus 2017," kata Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono, Minggu, 6 Agustus 2017.

Sandiaga Duga Cuaca Penyebab Coran Jalan TransJakarta Rontok

Menurut Budi, uji coba bus berpenumpang di flyover yang memiliki ketinggian lebih dari 20 meter ini telah mendapat restu dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui terbitnya Sertifikat Laik Fungsi (SLF). 

Budi menuturkan, meski telah mendapatkan SLF, flyover khusus Bus TransJakarta yang memiliki panjang 9,4 kilometer ini, hanya bisa dioperasi dari pukul 05.00 WIB hingga 19.00 WIB saja.

Coran Jalan Layang Transjakarta Rontok, Timpa Mobil Polisi

Flyover belum bisa dilintasi malam hari karena lampu penerangan jalan belum terpasang menyeluruh dan dapat membahayakan perjalanan bus.

Saat beroperasi dalam uji coba nanti, Bus TransJakarta akan melayani penumpang di empat halte saja, di antaranya, Halte Tendean, Halte Tirtayasa, Halte Mayestik, dan Halte Adam Malik.

Sementara delapan halte lainnya masih ditutup, karena masih dalam tahap pembenahan fasilitas keamanan dan kenyamanan penumpang.

"TransJakarta menyiapkan sejumlah bus untuk melayani pelanggan koridor 13 rute Ciledug-Tendean. Serta pengemudi, petugas layanan bus (PLB), dan petugas halte. Maupun mesin gate untuk mendata pelanggan," ujarnya.

Menurutnya, TransJakarta berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Dinas Penerangan dan Energi DKI Jakarta, Walikota Tangerang, Dinas Perhubungan Kota Tangerang untuk peresmian pengoperasian koridor 13 pada 16 Agustus 2017.

"Kami berharap layanan ini nantinya akan bisa dinikmati oleh masyarakat banyak. Kami juga berterimakasih atas dukungan semua pihak, baik Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, Dinas Penerangan dan Energi, Pemkot Tangerang serta pihak pihak lain yang sudah membantu persiapan operasional ini," ujarnya.

Sebelumnya, TransJakarta sudah melaksanakan uji coba koridor 13 pada bulan Mei 2017, dengan mengoperasikan bus dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Tapi saat itu bus melintas tanpa ada penumpangnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya