Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 11 Agustus 2017 | 16:26 WIB
  • Enggan Kena Macet? Hindari Jalan Ini di Jakarta

  • Oleh
    • Harry Siswoyo,
    • Ade Alfath
Enggan Kena Macet? Hindari Jalan Ini di Jakarta
Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir
Kepadatan kendaraan di ruas jalan Matraman akibat terdampak proyek pembangunan underpass.

VIVA.co.id – Aktivitas pembangunan sejumlah infrastruktur di Jakarta berimbas pada macetnya arus lalu lintas di beberapa ruas jalan.

Di mana saja titik kemacetan itu? Merujuk pada laporan Dinas Perhubungan DKI Jakarta beberapa ruas jalan itu yakni, ruas Cawang hingga Kuningan, yang terdampak pembangunan proyek LRT (Light Rail Transit).

Perkembangan Proyek Pembangunan Underpass Mampang

FOTO: Kendaraan terjebak macet ketika melintasi proyek pembangunan underpass Mampang, di Jalan Rasuna Said, Jakarta, Selasa, 25 Juli 2017.

Lalu, di kawasan Tugu Pancoran yang terdampak aktivitas pembangunan flyover (jalan layang), serta kawasan Kuningan yang sedang ada aktivitas pembuatan Underpass.

Titik lainnya di kawasan Jalan RA Kartini Lebak Bulus yang juga sedang ada pembangunan underpass.

"Di Matraman ada underpass juga, kemudian di Cipinang di jalan I Gusti Ngurah Rai itu sama ada pembangunan underpass," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko, Jumat, 11 Agustus 2017.

Patung Pancoran.

FOTO: Kepadatan kendaraan di kawasan Tugu Pancoran Jakarta

Sejauh ini untuk mengantisipasi dampak kemacetan itu, sejumlah petugas akan bersiaga di sejumlah titik kemacetan tersebut dan membuat rekayasa lalu lintas.

Tak cuma itu, akan ada juga pengaturan periode waktu untuk lampu lalu lintas dan mengurangi banyaknya perpotongan di beberapa simpang jalan. "Termasuk kita menyiapkan ruas jalan alternatif," kata Sigit.