Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 13 Agustus 2017 | 05:58 WIB
  • Di Balik Munculnya Kembali Air Mancur Menari di Monas

  • Oleh
    • Siti Ruqoyah,
    • Bayu Nugraha
Di Balik Munculnya Kembali Air Mancur Menari di Monas
Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
Air Mancur Monas

VIVA.co.id – Air mancur di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat akhirnya dioperasikan kembali. Pengoperasian air mancur yang seolah-olah bisa menari ini dilakukan setelah tidak beroperasi sejak tahun 2009 lalu.

Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas, Sabdo Kristianto mengatakan, air mancur yang awalnya bernama Pesona Monas diresmikan pada tahun 2005.

"Air Mancur Pesona terakhir beroperasi tahun 2009," ujar Sabdo dalam acara peresmian air mancur Jakarta Monas Fountain, Sabtu 12 Agustus 2017 malam.

Ia menambahkan, perbaikan air mancur Monas tidak menggunakan dana APBD Pemprov DKI Jakarta. Namun dilakukan secara bergotong-royong oleh Petugas Mechanical Electrical UPK Monas.

"Hal ini berawal dari pengurasan kolam untuk mengurangi serangan nyamuk dan pembersihan pompa sebagai upaya penyelamatan aset. Usaha untuk menyalakan kembali pompa kemudian berlanjut menjadi upaya penyalaan kembali air mancur," ujarnya menambahkan.

Namun, lanjutnya, dalam awalnya upaya ini belum maksimal. Kemudian, melihat progres kerja tersebut dirinya melaporkan kepada Gubernur DKI Jakarta sebelumnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang kemudian memberikan bantuan sparepart elektrik dan kabel.

"Kemudian Gubernur DKI Jakarta saat ini Djarot Saiful Hidayat memerintahkan dilaksanakannya peresmian air mancur Monas," ujarnya.

Selain itu, komposer Addie MS ikut sumbangsih dalam terciptanya air mancur Monas. Ayah dari Kevin Aprilio ini berkenan menyumbang lagu daerah yang pernah di aransemennya dan diproduksi oleh PT.Garuda Indonesia.

"Lalu ada juga Harry Kiss yang berkenan menyumbang sound system yang lengkap," ujarnya.

Sebagai informasi, jika warga DKI Jakarta atau lainnya ingin melihat atraksi air mancur menari ini dapat mengunjungi Monas pada Sabtu dan Minggu setiap pukul 19.30 dan 20.30 WIB. Nantinya, air mancur ini akan menari dengan durasi 30 menit untuk menghibur para pengunjung. (mus)