Siap-siap, Parkir di Tengah Kota Bakal Lebih Mahal

Ilustrasi mobil yang diparkir di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menerapkan tarif parkir pinggir jalan atau on the street berdasarkan zonasi. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, semakin ke tengah kota, maka siap-siap saja tarif parkir akan semakin mahal. 

Ternyata Ahok Tak Pernah Pacaran, di Penjara Malah Cari Istri

"Saya sampaikan kepada Dinas Perhubungan (Dishub), kemarin, sama Badan Pajak, bahwa untuk zona parkir juga harus kita atur berdasarkan zonasi. Parkir di on the road itu lebih mahal daripada yang off road. Yang ring 1 itu lebih mahal, ring 2 lebih murah, ring 3 lebih murah lagi," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Selasa, 22 Agustus 2017. 

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, dalam Pola Transportasi makro yang diatur dalam Pergub 103 tahun 2007, parkir menjadi salah satu cara dalam hal pengendalian lalu lintas, khususnya parkir pinggir jalan atau on the street

Mantan Gubernur DKI Doakan Anies Dapat Wagub Tahun Ini

Dalam RPJMD itu, ditargetkan evaluasi ruas jalan yang diperkenankan sebagai lokasi parkir on the street dikurangi jumlahnya setiap tahun. Sebaliknya Pemprov akan menambah lokasi park and ride di pinggiran Jakarta. Hal itu dilakukan agar terjadi perpindahan moda dari angkutan pribadi ke angkutan umum. 

"Di negara maju. Semakin ke tengah kota maka semakin sedikit sarana ruang parkirnya dan kalau pun ada dengan tarif yang mahal," ujarnya. 

Djarot Saiful: Tanya Pak Anies, Butuh Wakil atau Sendiri Urusi Jakarta

Saat ini, zonasi tarif parkir tersebut telah diusulkan dalam peninjauan kembali Peraturan Daerah Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi DKI Jakarta. Sementara itu penetapan wilayah yang tergolong ring 1, ring 2 dan ring 3 sedang dirumuskan. (one)

Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat

Mantan Gubernur DKI‎ Jadi Plt Ketua DPD PDIP Sumut

Djarot menggantikan Japorman Saragih.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020