Tilang Pengintai Digital Belum Diterapkan di Jakarta

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Panggara.
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Halim Pagarra mengatakan, Polda Metro Jaya belum menerapkan pengintai digital untuk merekam para pelanggar lalu lintas di Jakarta.

Petugas ETLE Mulai Tahun Ini Dapat Insentif

Hal itu belum diberlakukan lantaran alat yang diperlukan, yakni closed circuit television (CCTV) belum dimiliki. "Belum ada di Polda Metro. Peralatannya saja belum ada," kata Halim saat dikonfirmasi, Jumat, 8 September 2017.

Halim menjelaskan, CCTV yang digunakan untuk itu adalah CCTV yang mampu fokus merekam dengan resolusi gambar yang sangat baik. Beberapa tahun lalu, sempat ada CCTV semacam itu yang dipasang di Jakarta, namun CCTV itu belum mumpuni sehingga akhirnya tidak digunakan lagi.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

"Yang melintas kan itu alatnya harus fokus ke pelat nomornya, kami belum punya. Kalau (alat) yang biasa, pernah ada yang tahun 2000 sekian, namun masih kurang, samar-samar (gambarnya). Jadi harus ada alatnya dulu," ujar Halim.

Halim berharap, penerapan pengintai digital itu bisa diterapkan di Jakarta, mengingat banyak pengendara bandel yang jumlahnya tak bisa dibendung polisi lalu lintas. 

Lawan Arah, 1.599 Kendaraan Bermotor di Jakarta Ditilang

Ia yakin penerapan pengintai digital itu akan berdampak baik. "Tentunya, jadi mengurangi polisinya di jalan," ucapnya.

Korps Lalu Lintas Polri berencana untuk menerapkan pengintai digital. Bentuknya adalah closed circuit television atau CCTV. Kamera itu dipasang di titik-titik yang tidak mudah dilihat oleh para pengguna jalan.

Hal itu dilakukan untuk membuat para pelanggar lalu lintas jera. Sebab, meski kepolisian terus menggelar operasi penertiban, upaya itu tampaknya tidak membuat para pelanggar lalu lintas jera melakukan pelanggaran.

"Iya benar itu (pemasangan CCTV), tapi baru di beberapa tempat," ujar Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa kepada VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya