Jelang Akhir Masa Jabatan, Djarot Siapkan Pertanggungjawaban

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • Yunisa Herawati/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bakal mengakhiri masa tugasnya pada 15 Oktober 2017 mendatang.

Ahok Blak-blakan Bandingkan Gaji Komut Pertamina dan Gubernur DKI

Ia akan digantikan Gubernur terpilih Anies Baswedan yang didampingi Wakil Gubernur Sandiaga Uno untuk periode lima tahun ke depan.

Serangkaian acara pun tengah disiapkan antara lain rapat persiapan paripurna bersama DPRD DKI terkait pertanggungjawaban sebagai Gubernur. 

Mantan Gubernur DKI‎ Jadi Plt Ketua DPD PDIP Sumut

"Tanggal 13 September besok rapat paripurna penyampaian pidato gubernur tentang keterangan pertanggungjawaban masa jabatan atau LKPJ," kata Wakil Ketua DPRD DKI Abharam Lunggana kepada wartawan di Jakarta, Jumat 8 September 2017.

Pria yang akrab disapa Lulung ini menyatakan, setelah mendengarkan pidato Gubernur, Dewan pun akan langsung membahasnya di tingkat komisi. 

Anies: Mal di Jakarta Dibuka Kembali 15 Juni

Hasil pembahasan itu kemudian dibawa ke pimpinan fraksi sebagai evaluasi. Puncaknya akan dibacakan pada sidang istimewa tanggal 25 September 2017. 

Sidang istimewa akan terbuka bagi umum sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pertanggungjawaban dari Pemerintah Daerah ke Pemerintah Pusat.

"Paripurna istimewa tanggal 25 September 2017 menyampaikan rekomendasi DPRD atas laporan keterangan pertanggungjawaban masa bakti Gubernur," ujarnya.

Bila sesuai dengan jadwal ideal, pelantikan Anies-Sandi akan dilaksanakan 15 Oktober 2017. Namun apabila jatuh pada hari Minggu, dimungkinkan diundur satu hari setelahnya.
 
"Tapi bisa berubah, tergantung pemerintah pusat dan KPU," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya