Mulai 12 September 2017 Tol Dalam Kota Tolak Transaksi Tunai

Gerbang Tol Otomatis.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengubah sistem pembayaran tol dari transaksi tunai menjadi non tunai pada seluruh Gerbang Tol di Jalan Tol dalam kota ruas jalan tol Cawang-Tomang-Pluit dan Prof. Ir. Dr. Soedijatmo. Pemberlakuan non-tunai ini akan dilakukan secara bertahap dan dimulai pada Selasa, 12 September 2017

Dorong Transaksi Non Tunai, Bank Mandiri Pamer Layanan Mandiri Contactless

"Mulai 12 September 2017, Jasa Marga secara bertahap akan mengubah sistem transaksi tunai menjadi non tunai pada seluruh Gerbang Tol di Jalan Tol Dalam Kota Ruas Cawang-Tomang-Pluit dan Prof. Ir. Dr. Soedijatmo," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Dwimawan Heru, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat 8 September 2017.

Heru menjelaskan, perubahan sistem transaksi dari transaksi tunai menjadi non tunai merupakan bentuk dukungan Jasa Marga untuk program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Penerapan transaksi non tunai ditargetkan diberlakukan 100 persen di seluruh jalan Tol Jasa Marga pada 31 Oktober 2017.

Tarif QRIS Harus Ditunda, Gus Imin: UMKM Baru Bangkit

"Diharapkan, penerapan transaksi 100 persen non tunai secara bertahap dapat membantu sosialisasi sejak dini kepada pengguna jalan. Hal ini merupakan bentuk antisipasi sebelum penerapan pada seluruh gerbang tol Jasa Marga pada tanggal 31 Oktober 2017," ujarnya.

Heru menuturkan, penggunaan uang elektronik di gerbang tol akan mempersingkat waktu transaksi pengguna jalan karena lebih mudah dan praktis. Jika dibandingkan dengan transaksi manual, penggunaan uang elektronik ini akan memangkas separuh waktu transaksi lebih cepat.

Keseruan Bertransaksi Non Tunai Menggunakan QRIS BNI Mobile Banking di BNI Java Jazz Festival 2023

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk segera beralih menggunakan uang elektronik dalam bertransaksi di gerbang tol," ucapnya.

Untuk antisipasi perjalanan bisa melalui informasi kondisi lalu lintas terkini yang bisa didapatkan melalui Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080, Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya), Instagram @official.jasamarga. Selain itu bisa juga melalui aplikasi Mobile JMCARe yang dilengkapi fitur push notifications dan atau website Jasa Marga, www.jasamarga.com.

Heru mengatakan, secara umum Jasa Marga membagi dua periode perubahan transaksi yang dimulai sejak September hingga akhir Oktober 2017. 

Berikut merupakan jadwal penerapan 100 persen pembayaran non tunai di Jalan Tol Dalam Kota Ruas Cawang-Tomang-Pluit dan Prof. Ir. Soedijatmo :

*Periode Satu: Bulan September Tahun 2017*

12 September 2017 : GT Pejompongan
13 September 2017 : GT Jelambar 2 dan GT Slipi 2
14 September 2017 : GT Jelambar 1 dan GT Angke 1
15 September 2017 : GT Tebet 1 dan GT Kuningan 1
19 September 2017 : GT Cililtan 1
20 September 2017 : GT Halim 1
21 September 2017 : GT Kamal 3
23 September 2017 : GT Kamal 2 dan GT Kamal 4
26 September 2017 : GT Kamal 1
28 September 2017 : GT Cengkareng 1 dan GT Angke 2
30 September 2017 : GT Kapuk 1

*Periode Dua : Bulan Oktober Tahun 2017*

3 Oktober 2017 : GT Tanjung Duren
4 Oktober 2017 : GT Pluit 3
6 Oktober 2017 : GT Cengkareng 2
11 Oktober 2017 : GT Kapuk 2
14 Oktober 2017 : GT Tomang
18 Oktober 2017 : GT Cililitan 2
20 Oktober 2017 : GT Halim 2
22 Oktober 2017 : GT Cawang
24 Oktober 2017 : GT Tebet 2 dan GT Slipi 1
27 Oktober 2017 : GT Kuningan 2
31 Oktober 2017 : GT Semanggi 2.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya