Kasus Bayi Debora, DKI akan Evaluasi Izin RS Mitra Keluarga

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • Jeffry Yanto - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mengevaluasi keberadaan rumah sakit yang dianggap menelantarkan pasien hanya karena persoalan biaya. 

Kronologi Kepala Bayi Putus Tertinggal di Rahim saat Ibu Melahirkan di Bangkalan

Kasus meninggalnya bayi Tiara Debora Simanjorang terjadi diduga karena tak mendapatkan penanganan medis semestinya dari pihak rumah sakit. Ini harus menjadi catatan penting agar manajemen rumah sakit atau pun dokter tidak mengabaikan kesehatan pasien. 

"Saya minta introspeksi betul. Kalau benar ini tidak ditangani secara maksimal maka saya minta untuk rumah sakitnya dievaluasi kembali izinnya," kata Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, di Balai Kota, Senin 11 September 2017. 

Viral Ibu dan Bayi Meninggal Usai Persalinan, Keluarga Duga Ada Malpraktik di RSUD Indramayu

Setelah kejadian Debora, Djarot mengharapkan Kementerian Kesehatan juga bisa duduk bersama dengan jajarannya terkait penanganan pasien.

Menurutnya, investigasi kasus ini harus dilakukan untuk mengetahui tindakan yang dilakukan Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, termasuk pengabaian atau faktor lainnya. "Saya sudah minta Dinas kesehatan untuk melakukan investigasi terhadap rumah sakit tersebut. Ada tidak pelanggaran dalam penanganan pasien," kata Djarot. 

Dugaan Malpraktik, Ibu dan Anak Meninggal di RSUD Pantura MA Sentot Indramayu

Meninggalnya bayi Debora sempat menjadi perhatian warganet pada pekan lalu. Kabar ini mencuat setelah Birgaldo Sinaga mengunggah kasus kematian Debora dalam akun Facebook. 

Birgaldo menceritakan kisah itu atas persetujuan Henny Silalahi, ibu dari Debora. Dari pengakuan Henny disebutkan bahwa dirinya dimintai uang Rp19,8 juta agar anaknya bisa dirawati di fasilitas PICU. 

Namun karena keterbatasan uang, Henny hanya mampu mengeluarkan Rp5 juta, sementara sisanya akan diusahakan oleh suaminya. 

Tak menerima permintaan Henny, pihak rumah sakit pun disebut menolak menangani Debora hingga akhirnya buah hatinya itu meninggal. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya