Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 13 September 2017 | 16:49 WIB
  • Akhir Kisah Chester, Kuda yang Disiksa Kusir Delman di Depok

  • Oleh
    • Bayu Adi Wicaksono,
    • Zahrul Darmawan (Depok)
Akhir Kisah Chester, Kuda yang Disiksa Kusir Delman di Depok
Photo :
Kondisi Chester, kuda delman yang disiksa kusir.

VIVA.co.id – Kondisi tubuh Chester, kuda jantan yang menjadi korban kekerasan kusir delman di Citayam, Kota Depok, Jawa Barat, semakin hari kian membaik. 

Saat ini, Chester berada di tangan komunitas peduli hewan yakni Jakarta Animal Aid Network (JAAN) dan dirawat di penangkaran kuda Arthayasa, Cinere.

Menurut Rizki Putratama, dokter hewan yang merawat luka Chester, saat diselamatkan JAAN dari pemiliknya, kondisi kuda itu sungguh menyedihkan. Bahkan, apa yang dialami Chester sempat viral di media sosial.

"Pas dibawa ke sini kondisinya lemah, ada luka dan tampak sedikit dehidrasi. Tapi saat ini kondisinya mulai membaik, Chester juga sudah bisa beradaptasi," kata Rizki Putratama, Rabu 13 September 2017.

Selain mendapat perawatan medis, di tempat ini pula Chester mendapatkan asupan gizi yang cukup layak. "Tadi yang kita obati ada dua luka, di punggung dan kaki," katanya

Rizki mengatakan, ada perilaku aneh yang terjadi saat pertama kali Chester dibawa ke Arthayasa, kuda itu terlihat sangat senang setiba di penangkaran.

"Pas datang ke sini dia terlihat senang, dia sempat berguling-guling di padang rumput seperti menemukan kebahagiaan," ujarnya.

Untuk diketahui, kasus kekerasan yang dialami kuda lokal itu terungkap setelah tersebar luas di media sosial. Dalam durasi sekitar 1 menit 10 detik itu, Chester disiksa dengan dipecut hingga terkapar dengan kondisi masih terikat andong. 

Peristiwa itu terjadi di jalanan pada siang hari dan sempat menjadi perhatian warga. Beberapa warga yang melihat kekejaman si pemilik kuda berusaha menolong untuk menyudahi aksi keji tersebut. Namun mereka dihalau si pemilik. Bahkan memberi minum pun dilarang.