Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 14 September 2017 | 14:53 WIB
  • Ada 16 Buaya Ganas Dalam Koper Penumpang di Bandara Soetta

  • Oleh
    • Bayu Adi Wicaksono,
    • Sherly (Tangerang)
Ada 16 Buaya Ganas Dalam Koper Penumpang di Bandara Soetta
Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
Ilustrasi Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno Hatta

VIVA.co.id – Seorang calon penumpang pesawat nekat membawa belasan ekor buaya ganas di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Satwa dilindungi itu dibawa dengan cara disimpan di dalam koper.

Menurut Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BKPP) Soekarno-Hatta, Eliza Suryati Roesli, calon penumpang berkebangsaan Arab Saudi itu, ketahuan membawa buaya saat menjalani pemeriksaan di pintu x-ray di Terminal Tiga.

"Operator x-ray mencurigai empat koper berisi hewan yang dibawa oleh penumpang kemudian koper tersebut diperiksa," kata Eliza, Kamis, 14 September 2017.

Eliza mengatakan, dari pemeriksaan itu diketahui, calon penumpang berinisial AA membawa sebanyak 16 ekor buaya. Delapan ekor buaya berjenis bekatak alias Crocodylus porosus dan delapan buaya berjenis sepit atau Senyulon alias Tomistoma schlegelii

"Dalam koper itu ditemukan kantong-kantong berisi satwa dilindungi," kata Eliza.

Selain buaya ganas, di dalam koper calon penumpang itu juga ditemukan puluhan ekor satwa lainnya, seperti ular, lintah, kura-kura dan musang.

"Dari pemeriksaan petugas karantina ada sejumlah 101 ekor hewan. Namun, beberapa di antaranya mati seperti dua ekor kura-kura dan tiga ekor musang," ujarnya.

Selain terkenal ganas, kedua jenis buaya yang dibawa penumpang itu, diketahui masuk dalam kategori satwa yang dilindungi pemerintah. "Termasuk hewan yang dilindungi dan termasuk apendik," kata Eliza.

Walau buaya yang dibawa masih kecil, tapi apa yang dilakukan calon penumpang ini melanggar aturan dan bisa membahayakan penerbangan. "Hewan ini kami amankan dan akan diserahkan ke pihak yang berwenang," kata Eliza.

Untuk diketahui, buaya jenis bekatak atau lebih dikenal sebagai buaya muara merupakan reptil yang sangat berbahaya bagi manusia. Berdasarkan catatan, buaya ini merupakan jenis buaya yang memiliki tubuh terpanjang dan terbesar di dunia. Bahkan lebih besar dari Buaya Nil.

Panjang badan buaya muara dewasa bisa mencapai 12 meter seperti yang pernah ditemukan di wilayah Sangatta di Kalimantan Timur.

Sebab, buaya jenis ini memiliki karakter sangat aktif dan sangat buas di dunia. Dalam beberapa peristiwa, buaya muara mampu menyerang mangsanya dengan cara melompat dari dalam air, bahkan melompat secara vertikal. Ciri buaya ini memiliki moncong yang panjang dan gigi yang tajam.