Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 18 September 2017 | 00:26 WIB
  • Kepung LBH Jakarta, Massa Curiga Ada Kegiatan PKI

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Fajar Ginanjar Mukti
Kepung LBH Jakarta, Massa Curiga Ada Kegiatan PKI
Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar GM
Aksi massa di depan kantor LBH

VIVA.co.id – Ratusan orang mengenakan berbagai atribut seperti organisasi kemasyarakatan, hingga pengemudi ojek online, mengepung Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu malam, 17 September 2017. Hingga Senin dini hari, aksi massa yang menggeruduk LBH masih berlangsung.

Dari informasi yang dihimpun, massa mencurigai keberadaan sejumlah anggota partai politik terlarang Partai Komunis Indonesia (PKI), tengah berkumpul di kantor itu. Sebagai informasi, sejak Minggu siang, LBH Jakarta mengadakan sebuah acara seni di sana sebagai bentuk aksi damai memprotes tindakan pembubaran Seminar Tentang Peristiwa Tahun 1965 sehari sebelumnya.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, massa berkumpul di Jalan Mendut dan Jalan Diponegoro di sekitar kantor LBH. Keberadaan massa membuat Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, macet parah. Massa meneriaki Kantor LBH yang pagarnya dikunci serta dijaga polisi.

"Di sini kami cinta NKRI. Kami di sini, darah kami merah putih. Tidak ada tempat untuk PKI berdiri di NKRI. Sudah jelas lakukan kudeta, pembantaian umat Islam, TNI. Kami umat Islam, tidak ridho, ikhlas, kantor ini menjadi sarang antek-antek PKI," ujar perwakilan massa, berorasi di depan kantor LBH Jakarta, Senin, 18 September 2017, dini hari.

Hingga pukul 00.10 WIB, massa masih mengepung Kantor LBH Jakarta. Massa ingin coba masuk dan bicara dengan perwakilan LBH. Meski ada Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz, massa masih berteriak dan meminta masuk ke area kantor LBH.  (one)