Sentuhan Budaya Betawi di Masjid Al Mubarokah Kalijodo

Masjid Jami Al Mubarokah, Kalijodo, Jakarta Barat.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Pembangunan Masjid Jami Al Mubarokah yang terletak di seberang area Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Barat, hampir rampung. 

Cerita Kompol Faruk Ciduk Pentolan Kalijodo Daeng Azis

Desain masjid itu kental dengan nilai budaya Betawi. "Masjid taman, model pendopo dengan sentuhan budaya Betawi yang kental," kata arsitek masjid itu, Yori Antar, kepada VIVA.co.id di Jakarta, Senin, 18 September 2017. 

Hal itu terlihat dari konsep dinding bernapas dari rumah-rumah Nusantara Betawi, gaya panggung dan konsep tropis yang menyatu dengan alam.

Tiba di Jakarta, Obor Asian Games Bakal Lewati Kalijodo 

Pengerjaan masjid yang digagas oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tersebut sudah 70 persen rampung. "Akhir bulan ini atau awal bulan Oktober diresmikan," katanya. 

Pembangunan masjid Kalijodo ini merupakan janji Ahok, ketika menertibkan bangunan liar yang dikenal dengan tempat lokalisasi prostitusi di Jakarta tersebut.

'Bos' Kalijodo Daeng Aziz, Jadi Bacaleg Gerindra

Ahok menginginkan masjid yang dirobohkan di sana dibangun kembali tapi lokasinya tidak jauh dari masjid sebelumnya. Dengan harapan, agar masyarakat DKI Jakarta yang hendak berkunjung ke Kalijodo tidak meninggalkan ibadah salat. (one)

Sejumlah warga dan petugas membereskan bedeng Kalijodo

Pemkot Jakbar Duga Penghuni Kolong Tol Angke Warga Gusuran Kalijodo

Viral di media sosial sebuah perkampungan yang berada di bawah kolong Tol Angke, Jakarta Barat dengan fasilitas lengkap. Bahkan ada aliran listrik.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2023