Ratusan Anak di Cibubur Keracunan, Diduga karena Lauk Tahu

Ilustrasi/Warga keracunan makanan
Sumber :
  • Diki Hidayat/Garut

VIVA.co.id - Ratusan siswa SMPN 184, yang melaksanakan Jambore di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, mengalami keracunan makanan. Peristiwa ini terjadi pada Minggu siang, 24 September 2017.

Terungkap, Lee Zii Jia Mundur dari Indonesia Masters 2024 Gegara Keracunan Makanan

Tercatat sebanyak 163 anak mengalami gejala keracunan usai menyantap makanan yang telah disediakan penyelenggara. Mereka diduga keracunan makanan katering berupa tahu yang menjadi lauknya.

Kapolres Jakarta Timur, Kombes Pol Andry Wibowo, mengungkapkan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.20 WIB pada hari Minggu, 24 September 2017. Usai para siswa menyantap makan nasi kotak dari katering yang disediakan, sejumlah siswa mengalami mual dan muntah-muntah bahkan di antaranya ada yang pingsan.

Geger Seorang Wanita Tewas Akibat Keracunan Roti, Kok Bisa?

"Jadi mereka makan, terus gak lama mual, muntah-muntah. Tidak lama habis itu, sejumlah siswa mengalami pingsan," kata Andry, Senin 25 September 2017

Makanan tersebut diketahui dipesan dari salah satu tempat katering di Pasar Rebo. Berdasarkan keterangan dari salah satu siswa yang menjadi korban, ada yang aneh dengan rasa tahu dalam lauk nasi kotak itu.

Jangan Sembarangan Makan Roti Berjamur, Ini 3 Bahayanya Bagi Tubuh

"Dari keterangan salah satu siswa, mereka memang merasa aneh ketika menyantap lauk tahu. Yang tidak memakan tahu tidak apa-apa," kata Andry.

Sejauh ini, lanjutnya, anak-anak yang menjadi korban harus mendapat perawatan. Mereka langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Saat ini mereka sudah mendapatkan perawatan di sejumlah rumah sakit," ujar Andry. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya