Bakal Ada Aksi 299, Ketua MUI Sebut Tak Perlu Demo

KH Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

VIVA.co.id – Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Ma'ruf Amin sudah mendengar ada rencana aksi pada 29 September 2017 oleh beberapa organisasi masyarakat Islam atau dikenal dengan aksi 299.

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu-Tempe Semanan Mogok 3 Hari

Menurut Ma'ruf, aksi yang tuntutannya menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, dan menolak PKI itu, tidak perlu dilakukan.

"Menurut saya sebenarnya sudah tidak perlu lagi ada demo-demo itu. Kita berjalan saja sesuai dengan mekanismenya," ujarnya di Gang Lorong 27, Koja, Jakarta Utara, Rabu, 27 September 2017.

Buruh Tangerang Blokade Jalan Raya Serang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

"Soal-soal PKI, nah itu sudah selesaikan sekarang ini enggak ada orang PKI. Sudah mati semua itu umur 80 tahun. Saya saja waktu itu masih muda-muda," ujarnya menambahkan.

Namun, apabila masyarakat menemukan ada kecurigaan akan hal itu diharapkan melapor ke pihak berwajib. Masyarakat bersama pemerintah diharapkan bisa bekerja sama mengantisipasi agar paham itu tak hidup lagi.  "Kalau kata Presiden kan pukul apa gebuk saja PKI kalau ada, artinya tinggal melaporkan saja, tidak perlu dengan demo yang bisa menimbulkan kegaduhan," ujarnya.

Ribuan Buruh Demo Tolak UMK 2022, Akses Menuju Tol Cikupa Dialihkan

Menurut Ma'ruf, apabila ada pihak yang tidak puas bisa menempuh jalur hukum yang ada, bukan dengan aksi.  "Ada mekanisme bagi mereka yang tidak puas, tidak bisa terima Perppu itu bisa menggugat lewat MK (Mahkamah Konstitusi) sehingga kita gunakan saja saluran yang ada," ujarnya. (mus)

Protes antiperang terjadi di Moskow Rusia usai Ukraina diinvasi

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Lebih dari 750 orang telah ditangkap di kota-kota di seluruh Rusia, karena memprotes invasi Moskow ke Ukraina, yang sekarang memasuki minggu ketiga.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022