Raperda Disahkan, Gaji Anggota DPRD DKI Makin Banyak

Ilustrasi suasana rapat Paripurna DPRD DKI
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Dompet pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI kini dipastikan bakal semakin tebal. Sebab, nilai penghasilan yang mereka dapatkan sebagai wakil rakyat dipastikan bertambah.

Sirkuit Formula E Pakai Bambu, Gilbert-PDIP Tuding Anies Bohong Lagi

Hal ini bisa terjadi karena Rancangan Peraturan Daerah tentang Hak Keuangan dan Administratif DPRD telah resmi disahkan. 

Menurut Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, ada beberapa tunjangan pimpinan dan anggota DPRD DKI yang bakal naik setelah Raperda disahkan.

Cek Fakta: Anies Resmi Ditahan KPK

Seperti, tunjangan representasi, tunjangan transportasi, dan tunjangan perumahan. Tapi, besaran kenaikan tunjangan itu belum diketahui, sebab akan diatur lebih lanjut dalam Peraturan Gubernur. 

"Untuk hak keuangan ini kan membutuhkan Pergub. Akan segera kita buat dengan mengacu kepada Undang- undang yang ada," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Kamis 28 September 2017. 

Daftar Gaji dan Tunjangan DPRD DKI yang Naik pada 2022

Dengan adanya kenaikan itu, Djarot berharap anggota dewan lebih rajin bekerja dan turun ke bawah menyerap aspirasi masyarakat. 

"Kita harapkan kinerja dewan semakin baik semakin rajin dan semakin turun ke bawah. Kalau sudah ada peningkatan tunjangan kita punya komitmen yang sama membangun sistem pemerintahan daerah yang bersih," ujarnya. (ren)
 

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono

Politikus PDIP Kritik Soal Anggaran Sirkuit Formula E Naik Rp10 Miliar

Anggaran pembangunan sirkuit Formula E tambah sebesar Rp10 miliar. Menurut Gembong, jika ada penambahan anggaran itu maka harus melalui kontrak ulang. 

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022