Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 3 Oktober 2017 | 16:06 WIB
  • Lapas Open Camp Ciangir Mulai Dibangun Pekan Depan

  • Oleh
    • Lis Yuliawati,
    • Ade Alfath
Lapas Open Camp Ciangir Mulai Dibangun Pekan Depan
Photo :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Ilustrasi Lapas

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sepakat meminjamkan 39 hektare lahan di Ciangir, Tangerang Selatan, kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk pembangunan lembaga pemasyarakatan berkonsep open camp

Plt Dirjen Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Makmun mengatakan, lapas terbuka atau open camp itu untuk pembinaan kemandirian dan keterampilan warga binaan. Nantinya, warga binaan dari lapas di Jakarta yang telah menjalani setengah masa pidana dan dinilai berperilaku baik, akan dilatih sampai dia bebas.

"Di sana nanti ada pelatihan pertanian dan peternakan, tawaran kerja sama dengan Korea kaitannya dengan pelatihan elektronik. Ada yang buat roti dan kopi, ini sesuai dengan minat bakat," ujarnya.

Lantaran itu, ada assessment sesuai dengan latar belakang dan potensinya. "Intinya seleksi skill sesuai dengan potensi," ujarnya menambahkan. 

Menurutnya, pembangunan lapas itu akan dimulai pada 11 Oktober 2017 mendatang. Konsepnya tidak seperti lapas pada umumnya yang dikelilingi oleh tembok tinggi tapi hanya pagar minimalis. Kapasitas lapas terbuka itu nantinya akan mampu menampung 5.000 orang.  "Target pembangunan satu tahun sudah bisa dilakukan," katanya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan, lapas terbuka tersebut nantinya bisa mengurangi penghuni lapas di Jakarta yang telah melebihi kapasitas. "Jakarta ini sudah 200 persen lebih daya tampungnya sudah over kapasitas," ujarnya. 

"Makanya ketika pak Gubernur berkunjung pada saat ada pengampunan, beliau tanya bahwa angkanya sudah enggak rasional lagi, ya udah kami kasih lahan Ciangir. Kebetulan ada anggaran dari Kemenkum HAM, ya sudah bersinergi," ujarnya menambahkan. (mus)